Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Ternate, Maluku Utara (Malut) akan menggelar gebyar olahraga sebagai salah satu upaya meningkatkan prestasi olahraga di daerah ini serta mewujudkan program Ternate sebagai kota layak atlet.

"Gebyar olahraga yang rencananya digelar pada 9 Juli 2019 ini akan mempertandingkan 18 cabang olahraga yang sudah memiliki kepengurusan di daerah ini," kata Ketua Panitia Gebyar Olahraga Ternate Sutopo Abdullah di Ternate, Sabtu.

Melalui kegiatan gebyar olahraga itu diharapkan akan lahir atlet berbakat dan berprestasi, yang nantinya akan mewakili Ternate dalam berbagai kompetisi, baik di tingkat provinsi maupun nasional.

Ia mengatakan, KONI Ternate telah memprogramkan tiada hari tanpa latihan dan tiada bulan tanpa pertandingan olahraga, yang di antaranya diimplementasikan melalui kegiatan gebyar olahraga tersebut.

Ternate memiliki potensi atlet berbakat berbagai cabang olahraga, seperti di cabang sepak bola, tinju, atletik dan pencak silat yang diharapkan melalui program KONI tersebut semuanya akan terangkat menjadi atlet berprestasi.

Pemkot Ternate, kata Sutopo Abdullah, selama ini memberi dukungan penuh terhadap pengembangan prestasi olahraga di daerah ini, di antaranya dengan membangun infrastruktur olahraga berstandar nasional, seperti membangun sport center dengan anggaran Rp28 miliar.

Namun demikian KONI Ternate mengharapkan pula dukungan dari pihak lain di daerah ini, khususnya kalangan pengusaha dalam mendukung pengembangan prestasi olahraga, karena kalau hanya mengandalkan dari Pemkot Ternate tentu sangat terbatas.

"Kami berharap kalangan dunia usaha di Ternate dapat menjadi bapak angkat atau sponsor bagi cabang olahraga di daerah ini, baik untuk kegiatan latihan maupun pertandingan olahraga, termasuk untuk mengikuti kejuaraan di daerah lain," katanya.

Kota Ternate selama ini menjadi pemasok utama dalam pembentuk tim olahraga yang akan mewakili Malut dalam berbagai kejuaraan di tingkat nasional, termasuk pada setiap penyelenggaraan Pekan Olaharaga Nasional (PON), seperti pada PON lalu yang raihan 1 emas untuk Malut disumbang oleh atlet tinju dari Ternate.

Pewarta: La Ode Aminuddin

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2019