PT Angkasa Pura I cabang Bandar Udara Internasional Pattimura Ambon melayani pemberangkatan Jamaah Calon Haji (JCH) sebagai "feeder" ke Bandar Udara Internasional Hasanuddin di Makassar.

General Manager PT Angkasa Pura I Ambon,  Amiruddin Florensius, di Ambon, Senin, mengatakan, pemberangkatan JCH merupakan wujud kerja sama PT Angkasa Pura I (Persero) dengan Pemerintah provinsi(Pemprov) Maluku dan Kanwil Kementerian Agama provinsi setempat..

Pemberangkatan dilakukan bertahap diawali oleh Kelompok Terbang (kloter) 12 sejumlah 360 orang calon jamaah pada 14 Juli 2019 dan dilanjutkan pemberangkatan kloter 13 dan kloter 14 sejumlah 632 JCH pada 15 Juli 2019.

Total JCH yang diberangkatkan dari Bandar Udara Internasional Pattimura ke Makassar adalah 992 JCH yang berangkat menggunakan pesawat carter Lion Air.

Ia mengatakan, pemberangkatan kali ini sedikit berbeda dengan yang biasanya dilakukan yakni diberangkatkan dari Terminal VIP Bandar Udara Internasional Pattimura dan bukan dari Terminal Umum.

Volume calon jamaah dan rombongan pengantar sebagaimana pemberangkatan JCH biasanya, itu diluar volume penumpang pada hari-hari biasa.

"Karena itu berdasarkan permintaan dari Pemprov Maluku juga, kami bekerja sama untuk memberangkatkan JCH melalui terminal VIP karena berkaitan dengan kemudahan administrasi, penanganan khusus, dan lain-lainnya oleh Pemda," ujarnya.

Amiruddin menjelaskan, CJH yang berangkat dari Bandar Udara Internasional Pattimura pada tanggal 14 dan 15 Juli 2019 ke Bandar Udara Internasional Hasanuddin – Makassar ini direncanakan kembali ke Ambon secara bertahap dimulai pada  27 hingga 28 Agustus 2019.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2019