Sejumlah kabupaten/kota di Maluku Utara (Malut) menyemarakkan Hari Kemerdekaan RI ke-74 dengan menggelar berbagai kegiatan olahraga dan pentas seni budaya yang melibatkan siswa dan masyarakat setempat.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) Rahmat Fatatuba dihubungi dari Ternate, Selasa, membenarkan pihaknya telah menyiapkan anggaran sebesar Rp1 miliar lebih untuk menyemarakkan Hari Kemerdekaan.

Dia menyatakan,  untuk penyelenggaraan kegiatan HUT RI Pemkab Kepulauan Sula menyiapkan anggaran Rp1 miliar lebih melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD)  2019.

Menurut dia, dana yang disediakan itu selain semarakkan kegiatan seni dan budaya juga dianggarkan bagi peserta yang diseleksi dari tingkat SMA,SMK, dan MA, sederajat, saat ini juga peserta melakukan latihan untuk persiapan HUT RI yang 74 ini.

"Harapan saya semoga putra-putri yang terpilih sebagai peserta dalam kegiatan, semoga berjalan dengan lancar serta membawa Sula ke depan yang bagus," katanya.

Sedangkan,  Pemkab Halmahera Timur (Haltim) mulai mempersiapkan rangkaian kegiatan HUT yang akan diselenggarakan dengan melibatkan unsur masyarakat.

Ketua Panitia HUT RI ke-74 Pemkab Haltim, Ailen Goeslaw dihubungi secara terpisah mengaku, sejumlah kegiatan yang akan dilaksanakan yakni mencakup kegiatan olahraga dan Pentas Seni Budaya dan kini pemantapan kegiatan yang akan dilaksanakan mencakup kegiatan sebelum dan hari H kegiatan.

"Sesuai rapat pemantapan yang kita lakukan di sepakati dua kegiatan yakni olahraga dan seni budaya,” ujarnya.

Dikatakannya, untuk kegiatan pentas seni dan budaya pihaknya akan melibatkan para siswa mulai dari SD hingga SMA yang ada di 10 kecamatan se-Haltim.

"Untuk pentas seni kita tampilkan seni tradional, sedangkan olahraga kota fokus pada lomba lari 100-400 meter," katanya.

Sedangkan, untuk kesiapan teknis di saat hari H, dirinya mengaku sudah dilakukan persiapan yang melibatkan seluruh pimpinan SKPD Pemkab Haltim.
 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2019