Suasana gerak jalan di Kota Ternate (Abdul Fatah)


Puluhan peserta gerak jalan menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan 17 Agustus yang diselenggarakan Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, Maluku Utara (Malut) pingsan.

"Ada 20 siswa SMP sederajat pingsan dan mendapatkan penanganan medis, mereka pingsan ini rata-rata karena saat mulai start gerak jalan ada yang tidak serapan pagi," kata Petugas Medis Dinas Kesehatan Kota Ternate, dr Tarafainy di Ternate, Kamis.

Menurut dia, awalnya pembukaan dimulai dari tingkat SD dan di hari ini gerak jalan tingkat SMP sebanyak 174 peserta dan ada yang mengalami pingsan. 
Sehingga, gerak jalan yang dilanjutkan pada Kamis (8/8) hari ini, untuk tingkat umum, dengan jarak 5 Km dan dari jarak tersebut, agar partisipasi sebagai warga Indonesia yang telah membangun solidaritas dalam menyambut 17 Agustus mendatang.

Sementara itu, Ketua panitia HUT Kemerdekaan 17 Agustus, Junus Tau mengatakan, HUT Kemerdekaan tahun ini hanya fokus pada upacara 17 Agustus dan kegiatan gerak jalan SD, SMP dan umum.

"Kalau tadi kan ada yang pingsan, padahal sebelumnya di tingkat SD sebanyak 200 peserta tidak ada yang pingsan," katanya.

Perlombaan untuk menyambut 17 Agustus, nampak sebagian Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) tidak menghadiri dalam perlombaan tersebut.

Padahal, sudah ada edaran dari Wali Kota Ternate Burhan Abdurahman bahwa harus ada partisipasi dari SKPD lingkup Pemerintah Kota Ternate.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2019