Gubernur Maluku Murad Ismail mengajak Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy untuk menggelar panggung hiburan di kawasan Pattimura Park setiap minggu, sehingga menjadi hiburan menarik bagi warga di ibu kota provinsi Maluku tersebut.

"Setiap Sabtu dan Minggu ada band yang manggung di Pattimura Park dan anak-anak yang ingin bernyanyi mereka bisa langsung tampil," katanya, di Ambon, Senin.

Gubernur menyarankan Wali Kota Ambon Richard untuk membuat panggung yang sudah ada di Pattimura Park menjadi permanen, dan dimanfaatkan sebagai tempat bagi warga Maluku untuk bernyanyi dan berkreasi.

Menurut Gubernur langkah tersebut sebagai sebuah terobosan untuk mendukung ditetapkannya Kota Ambon sebagai kota musik oleh Unesco.

Kawasan Pattimura park, ujar Gubernur, memang milik Kota Ambon, tetapi bisa digunakan bersama dengan Pemprov Maluku untuk berbagai kegiatan berskala nasional dan internasional maupun lokal.

"Jadi kita tinggal bayar pemain band untuk tampil. Saya bisa bantu jika Pak Wali Kota tidak punya anggaran," katanya.

Gubernur Murad juga berkeinginan kawasan tersebut menjadi kawasan kuliner yang digelar setiap bulan, sehingga menjadi hiburan bagi warga di ibu kota provinsi Maluku tersebut, sekaligus memperkenalkan berbagai kuliner khas Maluku kepada wisatawan yang datang berkunjung.

Kawasan Pattimura park yang letaknya bersebelahan dengan Lapangan Merdeka, tidak hanya dijadikan sebagai lokasi penyelenggaraan kegiatan berskala nasional dan internasional, tetapi menjadi lokasi rekreasi dan berkreasi untuk meningkatkan bakat dan kemampuan masyarakat.

Gubernur juga meminta Dinas Pariwisata Kota Ambon untuk bersama-sama bergandengan tangan dengan Dinas Pariwisata provinsi, guna menggelar kegiatan pariwisata berskala internasional untuk lebih menarik perhatian wisatawan dalam dan luar negeri.

Dia juga berjanji akan mengupayakan bantuan untuk pengembangan dan promosi pariwisata Maluku dari Kementerian Pariwisata, karena dirinya memiliki hubungan baik dengan Menteri Pariwisata Arief Yahya.

"Menteri Arief Yahya itu sahabat saya. Beberapa bulan lalu saya sempat menghubunginya untuk meminta bantuannya terhadap pengembangan sektor pariwisata di Maluku," tandas Murad.

Pewarta: Jimmy Ayal

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2019