Komando Resimen (Korem) 152/Babullah menggandeng Dinas Pariwisata Kota Ternate, Maluku Utara menggelar Ternate Open Tournament Triathlon 2019 di Kota Ternate guna menjaring atlet potensial di daerah tersebut.

Pangdam XVI/Pattimura Mayjen Tni Marga Taufiq melalui siaran pers yang diterima Antara, Senin, menjelaskan dan menyampaikan bahwa, Lomba Triathlon Dalam bahasa Indonesia diartikan dengan olahraga Trilomba.

Dimana, cabang olahraga trilomba ini pertama kali diperkenalkan pada dunia oleh Scott Tinley pada kejuaraan pertamanya di Perancis pada tahun 1920-1930, sedangkan di Asia, Triathlon baru pertama kali mulai diperlombakan pada tahun 2006, tepatnya di Asian Games Doha-Qatar.

Pangdam XVI/Pattimura Mayjen Tni Marga Taufiq menyampaikan, olahraga triathlon di Maluku dan Maluku Utara saat ini sudah mulai dikenal luas, mengingat kegiatan Triathlon sendiri khususnya di wilayah Maluku Utara sudah 2 kali dilaksanakan yaitu pada 16 Februari 2019 lalu dan 28 September 2019 tepatnya saat ini.

"Selain itu saya juga turut berbangga, kepada Komandan Korem 152/Babullah Kolonel Infanteri Endro Satoto, S.Ip,MM selaku Ketua Federasi Triathlon Indonesia Provinsi Maluku Utara masa bhakti 2019-2023, dapat memasyarakatkan olahraga triathlon sekaligus menjaring bibit-bibit atlet triathlon Putra/putri Maluku Utara yang siap mengharumkan nama daerah pada ajang Nasional bahkan Internasional, serta ajang Triathlon agar dapat masuk dalam mata perlombaan Pekan Olahraga Nasional (PON)," katanya.

Dalam perlombaa Ternate Open Tournament Triathlon 2019, ada 5 kategori yang dilombakan diantaranya, kategori Olympic Distance dengan jumlah peserta yang telah teregristrasi sebanyak 19 orang, kategori Sprint Distance sebanyak 19 orang, kategori TNI/Polri Rally sebanyak 51 tim, kategori Yunior U-14 dan U-16 serta Sprint Umum Rally sebanyak 20 tim.

Dimana, para peserta open turnament Trialthon dari berbagai provinsi di Indonesia dengan jumlah lebih dari 250 peserta lebih.

"Dalam lomba ini, jarak terjauh renang sejauh 1.500 meter, sepeda 40 km dan lari sejauh 10 km. Rute yang ditempuh khususnya bersepeda akan mengelilingi pulau Ternate," katanya.

Kegiatan yang turut dihadiri Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Marga Taufik, Kabinda Malut Brigjen TNI Gatot Eko Puruhito, Sekjen FTI Brigjen TNI Erwin Septiansah, Danrem 152/Babullah, Kolonel Inf Endro Satoto, SIp,MM, Danlanud Morotai Kolonel Piek Budyakto, Kapolda Malut Brigjen Pol Suroto, Wakapolda Malut Kombes Pol Lukas Akbar Abriari, Perwakilan Kemenpora, Isa Anshari, Wali Kota Ternate Burhan Abdurahman, Ketua KONI Provinsi Malut H. Djafar Umar.

 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2019