Prajurit dan PNS Lanud Pattimura Ambon  menjalani test darah yang diselenggarakan Seksi Kesehatan (Sikes) Lanud Pattimura.

Sebanyak 75 personel Lanud Pattimura yang terdiri dari 70 personel militer dan 5 orang PNS melakukan tes darah di Gedung Club House Lanud Pattimura, Jumat.

Komandan Lanud Pattimura Kolonel Pnb Sapuan mengatakan, kegiatan tes darah merupakan pengecekan kesehatan yang dilakukan dari pengambilan contoh darah untuk mengetahui ada atau tidaknya kandungan zat narkotika/psikotropika. Selain itu dan ada tidaknya virus HIV/AIDS dari dalam tubuh setiap personel.

"Kegiatan ini harus diikuti secara sadar oleh setiap personel Lanud Pattimura agar tidak sekali-kali menggunakan zat narkotika dan sejenisnya, " katanya.

Test darah juga untuk menilai kesiapan kerja setiap anggota, dan kegiatan ini akan dilaksanakan secara berkala .

Hasil pemeriksaan yang dilakukan Sikes Lanud Pattimura, tidak ditemui prajurit ataupun PNS di lingkungan Lanud Pattimura yang menggunakan zat narkotika dan psikotropika serta bahaya HIV/AIDS.

Pada kesempatan yang sama, Lanud Pattimura juga menggelar aksi donor darah dalam rangkaian peringatan HUT ke-63 PIA Ardhya Garini yang berhasil menghimpun 35 kantong darah.

Donor darah diikuti seluruh personel militer dan PNS Lanud Pattimura sebagai wujud kepedulian terhadap sesama dalam kaitannya dengan kesehatan dan penanganan dini terhadap situasi tertentu.*

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2019