Dinas Komunikasi dan Informatika(Diskominfo)  Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul), Maluku Utara (Malut) akan  memasang jaringan internet tersebar di 78 desa yang ada di daerah itu.

Kepala Diskominfo Kepsul,  Iksan Sarfan di Ternate, Rabu, mengatakan, pihaknya merencanakan pemasangan jaringan internet di 78 desa yang ada di daerah itu agar masyarakat dapat menikmati jaringan internet.

Menurut dia, Bupati Kepsul, Hendrata Thes telah menginstruksikan untuk bekerja sama dengan tiga instansi diantaranya Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas PMD untuk memanfaatkan ketersediaan internet.

Di mana, dari tiga dinas itu guna untuk setiap lembaga pendidikan yang berada di setiap desa akan terkoneksi dengan jaringan internet.

Bahkan, dengan PMD karena setiap desa harus terpasang jaringan internet, jadi tiga dinas ini yang kita kerja sama agar masyarakat dapat menikmati jaringan internet.

Iksan menjelaskan, ini keinginan Bupati Hendrata Thes agar seluruh masyarakat dapat menikmati jaringan internet kapan saja dan dimana saja dan akan berjalan mulai dari awal bulan januari serta pertenghan bulan Febuari demikian, karena saat ini juga sudah penambahan jaringan.

"Selain itu, keinginan saya apa bahwa yang diprioritaskan oleh Bupati, saya akan tetap  prioritaskan, ini menjadi tanggung jawab saya sebagai kepala dinas," katanya.

Intinya adalah seluruh desa di wilayah Kabupaten Kepulauan Sula ini, bisa menikmati jaringan internet dan bisa dimanfaatkan dengan baik, beber Iksan.

Sebelumnya, Pemkab Pulau Taliabu telah peroleh bantuan jaringan internet untuk mendukung peningkatan kualitas pendidikan di kabupaten itu agar siswa lebih giat dalam proses belajar.

Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Dasar, Diknas Pulau Taliabu, Sehat Umagap dihubungi terpisah menyatakan, Dinas Pendidikan setempat telah memberikan 34 bantuan berupa layanan jaringan internet di setiap Sekolah, agar sekolah yang melaksanaka ujian nasional berbasis komputer (UNBK), di tahun 2020 nantinya akan berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan.

"Dinas Pendidikan Kabupaten Pulau Taliabu sudah menyediakan 34 layanan jaringan internet yang saat ini sudah di pasang di sekolah-sekolah yang ada di Taliabu bagian utara dan Timur, sehingga dari 34 layanan jaringan internet 11 sudah selesai dipasang," ujarnya.

Dia menyebut, dari 34 layanan jaringan internet yang sudah di berikan di sekolah-sekolah itu baru tahap awal dan mulai dari tingkat sekolah dasar (SD), sampai pada sekolah tingkat SMP di kabupaten Pultab mendapatkan semua layanan jaringan internet.

 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2019