Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) telah mengumumkan penelitian administrasi pada pedoman pelaksanaan pembentukan panitia pengawas kecamatan(Panwascam) 2020.

Ketua Bawaslu Kota Ternate, Kifli Sahlan di Ternate, Sabtu, mengatakan, pergeseran jadwal pengumuman hasil penelitian administrasi calon anggota Panwascam ini berdasarkan surat Ketua Bawaslu RI bernomor 0547/K.Bawaslu/TU.00.01/XII/2019 tanggal 9 Desember 2019 tentang Penjelasan Pengumuman Administrasi, Tes Online/Tertulis dan Tes Wawancara Panitia Pengawas Kecamatan dalam Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota 2020.

Di mana, dalam surat tersebut memerintahkan kepada Kelompok Kerja (Pokja) pembentukan Panwascam agar mengumumkan hasil penelitian administrasi calon anggota Panwascam pada 10 Desember 2019.

"Memang sebelumnya, dalam pedoman itu petunjuk pengumuman dilaksanakan pada 12 Desember 2019, tetapi karena ada surat terbaru dari Bawaslu RI, sehingga kita menyesuaikan untuk pengumuman penelitian administrasi telah dituntaskan," ujarnya.

Di dalam surat tersebut, Bawaslu RI menginstruksikan kepada Bawaslu di seluruh Kabupaten/Kota agar seleksi wawancara dilakukan dengan metode tanya jawab secara langsung (interview), bukan dengan metode lainya.

"Sesuai petunjuk kita akan melakukan itu, dan jadwalnya berbarengan dengan seleksi tertulis/online,  nanti kita mengatur jadwalnya," katanya.

Kifli menjelaskan, tahapan penelitian administrasi ini dilakukan secara ketat sebagaimana petunjuk dari Bawaslu RI dan prinsipnya telah melakukan penelitian administrasi peserta calon anggota Panwascam ini sesuai petunjuk dari Bawaslu RI.

Oleh karena itu, setelah pengumuman ini disampaikan, dia berharap semua peserta yang dinyatakan lulus admnistrasi agar mempersiapkan diri mengikuti tahapan test tertulis/dan test wawancara.

"Untuk test tertulis/online dilaksanakan pada 13 Desember di SMK Negeri 2 Kota Ternate dan Bawaslu Kota Ternate juga membuka tanggapan masyarakat seluas-luasnya untuk memberikan masukan terkait calon anggota Panwascam yang dinyatakan lolos dalam penelitian administrasi," katanya.
    

 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2019