Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, Maluku Utara (Malut) mengimbau kepada seluruh warganya untuk tidak berpesta dengan menggunakan kembang api dan petasan saat malam pergantian 2019 ke 2020.

"Kami telah mengeluarkan imbauan kepada masyarakat dan pengelola tempat hiburan malam serta pengelola cafe agar menyalakan kembang api maupun petasan saat pergantian tahun," kata Wakil Wali Kota Ternate, Abdullah Taher di Ternate, Selasa.

Menurut dia, Pemkot Ternate telah menyampaikan ke seluruh pemilik maupun pengelola tempat hiburan agar tidak menggelar kegiatan pesta kembang api di malam pergantian tahun.

Selain itu, para pedagang agar tidak memperjualbelikan petasan maupun mercon serta sejenis terompet, agar tidak mengganggu kenyamanan warga saat malam pergantian tahun.

Olehnya itu, Abdullah mengharapkan agar seluruh elemen bangsa di daerah ini memperkokoh kesatuan dan ketertiban dalam kehidupan bermasyarakat.

"Mari kita isi malam pergantian tahun baru ini dengan menggelar muhasabah dan bersyukur seraya mendekatkan diri kepada sang pencipta, agar terhindar dari berbagai musibah," katanya.

Sementara itu, pascaperayaan Natal dan tahun baru 2020, di Malut berjalan dengan kondusif tanpa adanya ganguan-ganguan kambtibmas ini bukan semata-mata bisa kondusif tetapi ada peran dari semua masyarakat Malut dalam membantu TNI/Polri dan instansi terkait untuk membantu mengamankan perayaan natal 2019.
Kapolda Malut, Brigjen Pol Suroto menyerahkan bingkisan bagi anggota yang ditugaskan di pos pengamanan natal dan tahun baru 2020 (Abdul Fatah)

Kapolda Maluku Utara Brigjen Pol Drs Suroto, M.Si yang didampingi oleh Karo Ops Polda Malut, Dir Lantas Polda Malut, Ketua Bhayangkari Daerah Malut dan Wakapolres Ternate menggelar pengecekan di pos pengamanan Natal tahun 2019 dan Tahun Baru 2020 yang ada di Kota Ternate.

Adapun Pos-Pos yang dilaksanakan pengecekan yaitu, Pos Pos Terpadu Pelabuhan Dufa-Dufa, Pos Pelabuhan Ahmad Yani, Pos Pelabuhan Semut Mangga Dua, Pos PAM Pelabuhan Bastiong, Pos PAM Pelabuhan Fery Bastiong, Pos PAM sari Bundo, dan Pos PAM Land Mark.

Kapolda Malut, Brigjen Pol Suroto meminta kepada personel yang melaksanakan tugas untuk tetap semangat dan menjaga kesehatan, di malam tahun baru untuk arus lalu lintas di atur agar tidak sampai terjadi kemacetan, serta untuk memperhatikan penumpang-penumpang di kapal untuk tidak melebihi kapasitas, utamakan keselamatan.

Dalam pengecekan ini, Kapolda juga memberikan bingkisan kepada personel yang melaksanakan tugas di pos pengamanan.

 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2019