Warga Kota Ternate, Maluku Utara (Malut), sejak pagi memanfaatkan hari liburnya dengan mendatangi objek wisata Pantai Tanjung Jikomalamo dan Pantai Dorpedu selama libur Tahun Baru 2020, Rabu.

Salah seorang pengunjung Pantai Dorpedu, Zulkifli Muhammad, salah seorang warga, menyatakan bersama keluarga sejak pagi telah menempati berbagai titik wisata dan vila yang disediakan pengelola di Pantai Tanjung Dorpedu.

Bahkan, kehadiran mereka datang lebih awal, karena biasanya tempat dan villa masih tersedia, tetapi kalau di siang maupun sore hari telah dipesan oleh warga lainnya.

Selain itu, kehadiran mereka bersama keluarga sejak pagi untuk menghindari terjadinya kemacetan dan bisa menikmati panorama air laut indah dan kolam renang yang dinilai sangat representatif untuk keluarga menikmati hari libur di pantai tersebut.

Pantai yang menjadi favorit warga Ternate dan masyarakat lainnya di Malut itu telah menyediakan berbagai kuliner khas Ternate yang sangat tepat dinikmati saat berada di Pantai Tanjung Jikomalamo yang memberikan keindahan bagi pengunjung yang datang ke tempat dengan jarak tempuh sekitar 1 jam dari pusat Kota Gamalama itu.

Pantai Tanjung Jikomalamo juga bisa memanjakan para pengunjung dan wisatawan ke objek wisata itu, karena memiliki tempat beristirahat yang dipenuhi batu angus dan bisa memberi pemandangan Pulau Hiri di sekitar pantai yang tak jauh dari objek wisata Pantai Sulamadaha.

Bahkan, Pantai Jikomalamo menawarkan objek bawah laut yang begitu indah dan memesona, sehingga kebanyakan warga yang datang ke objek pantai terfavorit itu menyewa peralatan renang untuk menikmati keindahan bawah laut.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Ternate Muhajirin Bailusy menyatakan, Ternate sebagai pusat peradaban dunia harus dimaknai sebagai upaya pemerintah untuk mewujudkan kota itu sebagai objek wisata rempah-rempah, wisata sejarah dan wisata budaya, salah satunya objek wisata pantai.

Dalam konteks itulah, selaku masyarakat Kota Ternate, sudah saatnya kita mantapkan sumber daya dan potensi yang kita miliki sebagai modal besar untuk mendorong kemampuan daya saing daerah pada sektor-sektor strategis untuk meningkatkan kemajuan daerah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Dengan karakter yang kuat sebagai kota wisata, kota perdagangan, dan kota budaya, Ternate sudah saatnya didesain menjadi salah satu objek wisata favorit dari berbagai kalangan di penjuru dunia, dengan potensi dan kekayaan sejarahnya. Ternate harus maju dan bersaing di kancah nasional dan internasional sebagai salah satu kota tujuan wisatawan yang terkenal dan melegenda," kataya.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020