Badan Pimpinan Pusat Pemuda Maluku Indonesia Bersatu (BPP PMIB) berbagi dengan ribuan pengungsi korban gempabumi di provinsi Maluku.

Aksi berbagi peduli kemanusiaan dilakukan di empat lokasi bencana gempabumi yakni Tulehu, Waai, Liang kecamatan Salahutu kabupaten Maluku Tengah dan Kairatu kabupaten Seram Bagian Barat (SBB).

pengurus DPP PMIB Gunawan Anis di Ambon, Senin, mengatakan, aksi peduli kemanusiaan berupa pembagian kebutuhan pokok masyarakat yakni beras dilakukan di lokasi bencana bagi pengungsi yang sampai saat ini masih menempati lokasi pengungsian.

Ia menyatakan, pihaknya berupaya berbagi dengan para pengungsi paska bencana gempa bumi yang terjadi sejak 26 September 2019.

"Kita berupaya membantu apa yang bisa dibantu sebagai bentuk kepedulian dengan basudara (saudara) yang menjadi korban gempa bumi," kata Gunawan.

Bantuan yang diberikan berupa beras sebanyak 1.200 karung ukuran 5 kilogram yang dibagikan di empat lokasi pengungsian.

"Jangan dlihat dari besar atau kecil bantuan yang diberikan, kita berharap bantuan ini bisa menjadi berkah bagi sesama yang membutuhkan, " ujarnya.

Koordinator pengungsi Tulehu Keni Lestaluhu menyatakan, sampai saat ini masih banyak warga yang menempati lokasi pengungsian.

Bantuan yang diberikan akan dibagikan bagi warga di dua titik bencana sebanyak 200 kepala keluarga.

Sementara itu koordinator pengungsi di dusun cenel Kairatu SBB, Edi Reftana mengatakan, pengungsi menempati lokasi pengungsian sejak 28 September 2019.

Saat terjadi gempa terbagi dalam 14 titik lokasi pengungsian, tetapi saat kondisi membaik berkurang menjadi enam titik dan masih dihuni warga.

"Kami bersyukur kondisi pascabencana masih ada yang peduli memberikan bantuan kepada kami para pengungsi," katanya.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020