Para penyintas akibat gempa bumi di Desa Waai dan Desa Liang, Maluku Tengah, yang telah bertahan enam bulan di tenda pengungsian dengan fasilitas MCK darurat tidak layak digunakan dan harus pergi ke desa lain berjarak satu kilo meter untuk mengambil air bersih, kini sudah mendapatkan tempat mandi cuci kakus (MCK) yang baru.

Fasilitas itu disediakan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Maluku bersama Drw Skincare, dan telah selesai pembangunannya pada Selasa, 18 Februari 2020.

"Lima unit MCK telah rampung dibangun di beberapa titik wilayah pengungsian. Dua unit di Desa Waai, yaitu di Dusun Angke dan Dusun Attawai, tiga unit di Desa Liang, yaitu di puncak Bum-bun, Dusun Wa Osa dan Dusun Waehula," kata Kepala Cabang ACT Maluku Wahab Loilatu di Ambon, Jumat.

Ia mengungkapkan para penyintas gempa di Desa Waai dan Desa Liang sangat bersyukur dengan adanya MCK di tempat pengungsian. Proses pembangunannya selama tiga minggu dan telah rampung sehingga para penyintas gempa dapat menggunakan tempat sanitasi baru itu.

Yohana, salah satu penyintas gempa di desa Waai, menuturkan saat ini dirinya dan para pengungsi lainnya ketika mau mandi dan BAB tidak lagi harus ke desa lain.

"Dengan adanya bantuan dari ACT mendirikan MCK, kami terasa terbantu. Kami para warga pengungsian mengucapkan terima kasih banyak untuk ACT dan para dermawan yang telah membantu kami di tempat pengungsian," katanya.

Pewarta: Jimmy Ayal

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020