Bawaslu Kota Ternate, Maluku Utara, menggelar Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Pembinaan Administrasi Keuangan untuk Panwascam di delapan kecamatan se-Kota Ternate guna meningkatkan kualitas dalam melaksanakan anggaran pemilihan Wali kota dan Wakil Wali Kota setempat 2020.

Ketua Bawaslu Kota Ternate Kifli Sahlan di Ternate, Rabu, menyatakan tujuan diselenggarakannya rakernis ini untuk meningkatkan kualitas pengelola keuangan guna menciptakan suatu laporan keuangan yang akuntabel dan transparan sebagai bentuk pertanggungjawaban keuangan negara.

Apalagi, menurut dia, terkait dengan anggaran panwascam saat ini yang akan berjalan. Jadi, kegiatan itu untuk peningkatan kapasitas pemahaman tentang tata kelola keuangan pada staf sekretariat di delapan kecamatan, ditambah komisioner dan salah satu staf teknis pengelolaan keuangan.

Kegiatan yang melibatkan Ketua, Koordinator Sekretariat, Bendahara PUMK dan satu staf pelaksana bidang SDM di delapan delapan kecamatan itu dilaksanakan selama 3 hari, terhitung sejak Senin (24/2) hingga Rabu (26/2).

Kifli berharap usai kegiatan ini seluruh anggaran yang dikelola oleh masing-masing kecamatan bisa dipertanggungjawabkan secara baik sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

"Hal ini juga dalam rangka mendukung terselenggaranya Pilkada serentak 2020 dengan tetap menjaga 'good governance' pengelolaan keuangan," katanya.

Selain itu, anggaran yang nanti disalurkan ke masing-masing kecamatan ini juga harus mampu menopang kinerja komisioner di lapangan, bahkan sampai pada tahapan pembentukan pengawas kelurahan maupun pengawas lapangan pada saat proses pungut hitung hingga tahapan pilkada selesai.

"Substansinya, pengelolaan keuangan harus dilaksanakan dan dipertanggungjawabkan sebaik-baiknya sehingga tidak menimbulkan masalah di kemudian hari," katanya.
 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020