Harga bawang dan cabai yang ditawarkan para pedagang di pasar tradisional Kota Ambon, Maluku, memasuki akhir Februari 2020 mulai bergerak turun dibandingkan dengan dua hari sebelumnya.

Hasil pantauan di lokasi pasar tradisional seperti pasar Mardika, Batu Merah dan Pasar Lama, bawang merah dijual pedagang dengan harga Rp44.000/Kg, atau turun dari sebelumnya Rp50.000/Kg, sedangkan bawang putih dijual Rp48.000/Kg, atau turun dari sebelumnya Rp55.000/Kg.

"Harga bawang merah maupun bawang putih sudah turun sejak kemarin, tinggal memilih terserah pembeli mau yang besar atau kecil," ujar Munir seorang pedagang di pasar Mardika.

Sedangkan harga eceran masih tetap sama baik bawang putih maupun bawang merah yakni Rp5.000/kantung plastik kecil.

"Mudah-mudahan harga ini akan terus bertahan atau turun lagi, mengingat bulan April sudah memasuki bulan puasa," ujarnya.

Sedangkan cabai merah biasa turun tajam dan dijual Rp15.000/Kg dan cabai keriting panjang Rp20.000/Kg.

Munir mengatakan, turunnya harga jual cabai ini juga disebabkan pasokan dari sentra produksi lokal cukup banyak, selain itu ada juga yang dipasok dari luar daerah.

Udin, pedagang pasar Mardika mengatakan, perubahan harga seperti ini sudah biasa terjadi, sebab barang kebutuhan seperti cabai maupun bawang selalu berfluktuasi, bahkan dalam satu minggu sudah terjadi perubahan harga.

"Yang pasti harga cabai rawit, cabai keriting dan bawang sekarang ini lagi turun harga, mudah-mudahan akan terus turun," ujarnya.
 

Pewarta: John Soplanit

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020