PT Angkasa Pura I Cabang Bandara Pattimura Ambon, Maluku, meningkatkan upaya pencegahan penyebaran COVID-19.

Upaya antisipasi dimulai dengan memperketat pengawasan, meningkatkan kebersihan di areal bandara, dan memperbanyak cairan pencuci tangan (hand sanitizer), kata Airport 
Operation and Technical Senior Manager Bandara Pattimura, Randy Michael Hire Wake di Ambon, Sabtu.

"Petugas cleaning service kami melakukan pembersihan di area terminal kedatangan dan keberangkatan, serta area lainnya di bandara, untuk meminimalisir penyebaran virus, katanya.

Ia mengatakan, petugas melakukan pembersihan secara berulang dan menyeluruh terhadap seluruh fasilitas di bandara, seperti bangku penumpang, eskalator, lift, juga troli.

Selain itu, melakukan sterilisasi pada area yang sering disentuh penumpang dengan menyemprotnya menggunakan cairan desinfektan (pembasmi kuman).

"Kami juga menambah banyak hand sanitizer pada area yang mudah dijangkau penumpang, " ujarnya.

Pihaknya kata Randy juga mengeluarkan ketentuan untuk melindungi para petugas operasional bandara.

"Semua petugas diwajibkan menggunakan masker pengaman, kacamata, dan sarung tangan saat bertugas," katanya.

Bandara Pattimura Ambon juga telah memasang alat thermo scanner, mendeteksi suhu tubuh penumpang untuk mencegah penyebaran COVID-19.

"Langkah koordinasi telah dilakukan dengan instansi terkait yakni Kantor Kesehatan Pelabuhan, dengan tujuan mengantisipasi pencegahan penularan COVID-19, bagi penumpang yang masuk melalui pintu kedatangan," tandasnya.

Mekanisme pemeriksaan alat pemindai suhu tubuh yakni penumpang yang melewati alat tersebut jika terdeteksi suhu di atas 38 derajat, penumpang akan dibawa ke ruang isolasi KKP.

"Penumpang langsung dibawa ke ruang isolasi KKP Bandara Pattimura, setelah dilakukan pemeriksaan dan jika penumpang terdeteksi COVID-19 maka akan dirujuk ke RS terdekat di kota Ambon yakni RSUD Dr Haulussy," ujar Randy

Pemeriksaan dilakukan, bukan hanya untuk pesawat domestik, tetapi juga pesawat carter (sewa) dari luar.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020