PT PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU) dan PLN Unit Induk Pembangunan (UIP) Maluku melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten dan kota di Maluku.

Perjanjian kerja sama ini merupakan tindak lanjut penandatanganan MoU antara PT. PLN dengan Kementerian Agraria dan Tata Ruang atau BPN pada 12 November 2019 dan penandatanganan kerja sama antara PLN dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) se-Indonesia pada 27 November 2019, kata General Manager PLN UIW MMU Romantika Dwi Juni Putra, Rabu.

"Perjanjian kerja sama ini bertujuan untuk mewujudkan sinergi dan optimalisasi pendaftaran tanah, penanganan masalah tanah dan pengadaan tanah bagi pembangunan kepentingan umum, khususnya di sektor ketenagalistrikan, katanya.

Menurut dia, mewujudkan program Maluku dan Maluku Utara terang, tidak terlepas dari berbagai tantangan dan permasalahan, salah satunya yakni terkait dengan tanah.

Melalui perjanjian kerja sama akan membantu pihaknya dalam rangka pembangunan berbagai infrastruktur ketenagalisttikan di Provinsi Maluku.

"Seperti halnya pembangunan pembangkit dan transmisi yang dilaksanakan oleh PLN UIP Maluku, atau program Listrik Desa (LISSA) tidak terlepas dari permasalahan tanah. Tentu perjanjian ini dapat membantu kami dalam menghadirkan listrik bagi masyarakat Maluku, " katanya.

Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Maluku Toto Sutantono menyambut baik penandatanganan kerja sama tersebut.

"Tentunya kami siap untuk membantu pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan yang dilaksanakan PLN di Provinsi Maluku termasuk terkait dengan inventarisasi maupun sertifikasi aset dari PLN, " katanya. 

Hal ini katanya merupakan bentuk dukungan program strategis nasional.

"Karena itu jika ada data atau informasi yang dibutuhkan agar segera dikomunikasikan dengan kami, " tandasnya.

Penandatanganan perjanjian kerja sama dilakukan Senior Manager SDM dan Umum PLN UIW MMU Koko Jakasatria, Senior Manager Pertanahan dan Komunikasi PLN UIP Maluku Faruq Suyuthi dengan Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten dan kota di Maluku.

Kegiatan ini juga disaksikan General Manager PLN UIW MMU Romantika Dwi Juni Putra, General Manager PLN UIP Maluku Jonner M. P. Pardosi dan Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Maluku Toto Sutantono, serta dihadiri Inspektur Jenderal Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN Sunraizal.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020