Kepala PT Pelni Cabang Ambon Samto mengatakan, semua kapal penumpang yang dikelola BUMN itu disemprot cairan disinfektan, sebelum berangkat meninggalkan pelabuhan Yos Sodarso Ambon menuju pelabuhan tujuan.

"Penyemprotan bukan saja di luar kapal, tetapi semua ruangan di dalam kapal, tidak ada yang terlewatkan," ujarnya di Ambon, Selasa.

Ia menyatakan, kapal Pelni di pelabuhan Yos Soedarso Ambon saat mau berangkat dilakukan pengawasan. Ada juga petugas dari Karantina Kesehatan Pelabuhan (KKP) sebanyak delapan orang yang siap turun ke lapangan memegang thermo scanner dan melaksanakan tugas sesuai tupoksi.

"KKP tupoksinya terkait masalah kesehatan, sedangkan kami dari pihak PT Pelni terkait disinfektan di kapal dan masalah antrean penumpang yang akan naik ke kapal, itu sudah diatur semuanya," kata Samto.

"Jadi kita lakukan antrean penumpang yang akan naik ke kapal itu satu per satu hingga masuk ke kapal, jadi tidak lagi seperti yang dulu itu dilepas masing-masing naik ke kapal, sekarang tidak," ujarnya menjelaskan.

Aturan tersebut sudah dilakukan sejak empat hari lalu, saat KM.Doloronda akan berangkat.

Samto menambahkan, semua kebijakan pemerintah dalam pencegahan virus COVID-19 sudah diterapkan Pelni sesuai dengan aturan yang berlaku. Para calon penumpang juga diminta menjaga kesehatan agar dalam pelayaran tidak terganggu.

Pewarta: John Soplanit

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020