Kapolresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease, Kombes Pol Leo Surya Nugroho Simatupang intensif mengingatkan warga untuk mencegah penyebaran virus corona dengan cara menggunakan masker dan menjaga jarak dengan sesama.

"Dalam situasi apa pun ketika ada keperluan di luar rumah maka tetap menggunakan masker dan menjaga jarak, serta rajin mencuci tangan agar bisa mencegah penyebaran virus," kata Kapolresta di Ambon, Sabtu.

Untuk itu diharapkan kepada masyarakat benar-benar bisa mematuhi anjuran pemerintah karena satu-satunya cara menghindari serangan virus corona adalah menggunakan masker dan jaga jarak.

Menurut Kapolresta, media massa juga diharapkan bisa turut menolong pemerintah dalam memberikan edukasi selalu kepada masyarakat.

"Khusus untuk pelaksanaan ibadah terutama selama bulan suci Ramadhan, kami berharap saat ibadah tetap mengikuti arahan pemerintah, dan selama itu tujuannya baik untuk keselamatan kita semua maka diharapkan kepada masyarakat juga dengan ikhlas hati mau mengikutinya," ujarnya.

Terkait wacana pelaksanaan sholad Idul Fitri 1441 H, nantinya dilihat kebijakannya seperti apa.

"Apakah PSBB nantinya diberlakukan atau tidak, maka dengan rencana pelaksanaan sholat id nanti disesuaikan, namun intinya menghindari COVID-19 dengan menggunakan masker dan tetap menjaga jarak," jelas Kapolresta.

Dia menambahkan, untuk pelaksanaan Operasi Ketupat Siwalima 2020 sudah berjalan selama 37 hari karena dimulai sejak 24 April sampai dengan H-7 Lebaran.

Operasi ini melibatkan 212 personel yang ditempatkan pada sembilan pos pengamanan dan akan berlangsung sampai pelaksanaan sholat Idul Fitri.

Dari sembilan Pos PAM yang dibuka Polresta Pulau Ambon, enam pos berada di wilayah Kota Ambon sementara tiga lainnya berada di Pulau-Pulau Lease, seperti Pulau Haruku dan Saparua, serta Pulau Nusalaut.


 

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020