PT Angkasa Pura I Cabang Bandara Pattimura Ambon menerapkan protokol kesehatan bagi penumpang yang tiba dan berangkat dari bandara.

"Protokol kesehatan bagi penumpang diberlakukan sejak Januari 2020 seperti pengecekan suhu, penerapan social distancing di terminal kedatangan maupun keberangkatan," kata Humas PT Angkasa Pura I bandara Pattimura, Adityia Wibisono, Senin.

Menurut dia, di masa pandemi COVID-19 pihaknya menerapkan protokol kesehatan bagi penumpang dalam upaya pencegahan penyebaran virus COVID -19.

Pihaknya telah memasang alat thermo scanner guna mendeteksi suhu tubuh penumpang untuk mencegah penyebaran virus Corona, dan memastikan daerah tujuan aman dan terhindar dari penyebaran virus.

"Langkah koordinasi telah dilakukan dengan instansi terkait yakni Kantor Kesehatan Pelabuhan, dengan tujuan mengantisipasi pencegahan penularan Virus Corona, bagi penumpang yang masuk melalui pintu kedatangan," tandasnya.

Aditya menjelaskan, pihaknya juga menerapkan sistem setiap penumpang yang datang wajib mengisi formulir Health Alert Card (riwayat perjalanan, riwayat kesehatan, dll) terutama dari wilayah terdampak.

Selain itu dilakukan disinfektansi pesawat setiap penumpang yang akan naik ke pesawat, disinfektansi contact point dan area yang digunakan atau dilalui penumpang secara terus menerus menggunakan alat thermo scanner dan thermo gun.

Ia mengakui, menindaklanjuti surat edaran ketua pelaksana gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 nomor 4 tahun 2020, tentang kriteria pembatasan perjalanan orang dalam rangka percepatan penanganan COVID-19, bandara Pattimura saat ini hanya melayanu penerbangan bagi penumpang kriteria khusus.

Pelayanan penumpang khusus, calon penumpang wajib melengkapi dan menunjukkan kelengkapan dokumen perjalanan yang dibutuhkan serta mengikuti protokol pengamanan kesehatan diri.

Sedangkan untuk maskapai, langkah pencegahan penularan COVID-19 juga akan dilakukan, mulai dari pemeriksaan kesehatan awak pesawat sebelum penerbangan.

"Hingga pengaturan jarak aman antar tamu atau penumpang dalam kabin pesawat pada setiap penerbangan, " ujarnya.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020