Kepolisian Daerah Maluku bersama Kodam XVI Pattimura Ambon menggelar bakti sosial berupa penyaluran bahan kebutuhan pokok kepada masyarakat Kota Ambon yang terdampak pandemi COVID-19.

Bakti sosial yang berlangsung di halaman Mapolresta Pulau Ambon dan PP Lease, Jumat, diawali dengan penyerahan bingkisan bantuan secara simbolis dari Kapolda Maluku Irjen Pol Baharudin Djafar dan Pangdam XVI Pattimura Mayjen TNI Marga Taufiq.

Penyerahan simbolis ini diberikan kepada perwakilan personel Babinsa, Bhabinkamtibas dan masyarakat yang selanjutnya akan disalurkan secara langsung kepada masyarakat yang berhak menerima.

Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Marga Taufik mengatakan, hari ini personel TNI/Polri yang ada di Maluku bisa bersama-sama berbagi dengan masyarakat.

Penyerahan bantuan ini adalah kelanjutan dari kegiatan serupa yang sudah dilaksanakan sebelumnya, dan semoga bantuan yang diberikan ini bisa meringankan beban hidup masyarakat yg terdampak COVID-19.

"Kita tahu bersama bahwa saat ini bukan hanya ekonomi tapi juga psikis masyarakat yang mulai terganggu akibat pandemi corona sehingga dibutuhkan peranan penting personel Polri dan TNI di lapangan dalam memberikan pencerahan dan pemahaman kepada masyarakat agar tetap tenang di rumah," ujarnya.

Pangdam juga menyampaikan bahwa pemberian bantuan ini bukan hanya untuk meringankan ekonomi masyarakat yang terdampak tetapi juga mendidik masyarakat agar bagaimana bersikap disiplin mengikuti program pemerintah yang sudah disampaikan saat ini demi kesehatan dan keselamatan bersama.

"Jika mereka tidak tahu maka tugas kita untuk mendatangi mereka," tegas Pangdam.

Kapolda Irjen Pol Baharudin Djafar menyatakan, penyaluran bantuan ini dilaksanakan dalam rangka membantu masyarakat yang ada di Kota Ambon dan totalnya sebanyak 8.870 paket.

"Sumber dananya berasal dari Polda Maluku dan Kodam XVI/Pattimura," katanya.

Kapolda juga menyampaikan bahwa pelaksanaannya pembagian bantuan sosial ini berjalan secara serentak mulai Kamis, (14/5) hingga hari ini, dan diharapkan semoga bantuan yang disalurkan ini bisa bermanfaat untuk masyarakat.

Selesai penyerahan secara simbolis, Pangdam XVI Pattimura dan Kapolda langsung melepas secara resmi personel Babinsa dan bhabinkamtibmas yang melaksanakan penyerahan bantuan ke desa masing masing.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakapolda Maluku Brigjen Pol Jan de Fretes, para pejabat utama Polda Maluku, para asisten Kodam XVI/Pattimura, para pamen Polda yang ditunjuk, Danrem 151 Binaya, Dandim 1504 Pulau Ambon.

Turut serta dalam kegiatan penyerahan bantuan ini Kapolresta Pulau Ambon bersama pejabat Polresta, Para Kapolsek jajaran Polresta Ambon serta personil Babinsa dan Bhabinkamtibmas jajaran Polresta Ambon dan Kodim 1504 Pulau Ambon.

 

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020