Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) mulai disalurkan di kota Ambon yang diawali di tiga desa di kecamatan Leitimur Selatan.

Penyaluran perdana BLT-DD telah dimulai Jumat (15/5) di tiga desa di Kecamatan Leitimur Selatan, kata Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Masyarakat & Desa (DP3AMD), Rulien Purmiasa.

"Tiga desa atau negeri yang telah disalurkan pada tahap pertama antara lain, Hutumuri 55 Kepala Keluarga (KK), Leahari 88 KK , dan Hukurilla 15 KK," katanya, Sabtu.

Ia mengatakan, penyaluran bantuan dana menggunakan sistem "cashless" atau pemindah bukuan dari rekening kas daerah ke rekening penerima.

"Penyaluran menggunakan sistem pindah buku ke rekening penerima, karena itu setiap penerima BLT DD diminta untuk membuka rekening masing-masing," katanya.

Rulien menjelaskan, jumlah penerima BLT DD yang terdata sebanyak 4.618 Kepala Keluarga di 27 desa atau negeri di kota Ambon.

Dari 27 desa atau negeri tersebut, 15 desa diantaranya telah mencakup penerima yang ditetapkan pada tahap pertama dan kedua.

"Sedangkan untuk 12 desa atau negeri lainnya, saat ini baru mencakup penetapan penerima untuk tahap pertama saja," ujarnya.

Diakuinya, jumlah penerima BLT DD akan bertambah, mengingat 12 desa atau negeri tersebut belum memasukkan data penerima gelombang kedua, dan tiga.

“Ada tiga desa dan negeri yang belum memasukkan data penerima BLT DD yaitu Negeri Batu Merah, Desa Waiheru, dan Negeri Urimessing, sehingga dipastikan jumlah sementara saat ini 4.618 akan bertambah," katanya.

 

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020