Kapolda Maluku Irjen Pol Baharudin Djafar memotivasi dan memberikan dukungan kepada sembilan orang pasien terpapar virus corona yang sementara menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum(RSU) Saparua, Kabupaten Maluku Tengah agar cepat sembuh.

"Kapolda hari ini melaksanakan kunjungan ke RSU Saparua dengan tujuannya adalah memberikan semangat berupa dukungan serta masukan yang positif dalam memfisikolog para pasien COVID-19 agar cepat sembuh," kata Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol Muhamad Roem Ohoirat di Ambon, Minggu.

Selain melihat kondisi pasien, Kapolda juga memberikan apresiasi yang baik dan luar biasa atas kinerja tenaga medis di RSU Saparua atas pengabdian mereka dalam memberikan pelayanan kepada pasien COVID-19 hingga mencapai hasil yang maksimal, walaupun dengan adanya keterbatasan dalam peralatan medis.

RSU Saparua tergolong salah satu rumah sakit dengan pelayanan terbaik dalam memberikan layanan kesehatan kepada pasien COVID-19.

Pada  9 April 2020, terdapat tiga orang berstatus PDP di RSU Saparua yang dirujuk ke dr. F.X. Soehardjo Pangkalan Utama TNI-AL (Lantamal) IX Ambon, di Desa Halong bersama tiga PDP lainnya


                       Kunjungi raja Haria

Kapolda Maluku bersama rombongan dalam kesempatan itu juga melakukan kunjungan silaturahim Ke kediaman Raja (gelar adat selaku kepala desa) Negeri Haria, Yacop Micel Manuhuttu.

Raja Negeri Haria meminta adanya penambahan personil Polsek Kecamatan Saparua mengingat kebanyakan penduduk pada Negeri Haria berkisar antara hampir mencapai 7.000 jiwa.

"Negeri Haria juga terbagi dalam beberapa kampung, dalam penambahan personil terjamin dalam pelayanan Polri kepada masyarakat yang lebih baik lagi," jelas Yacop.

Terkait pemberian bantuan kebutuhan pokok, dia mengusulkan agar harus ada kejujuran dalam penyaluran kepada masyarakat supaya tidak terjadi gangguan Kamtibmas.

"Karena dalam kondisi seperti ini hal seperti pemberian sembako ini sangat penting bagi kehidupan rakyat setempat," ujarnya.

Pihaknya juga mengusulkan apa yang menjadi kesulitan bagi kapal ikan yang ada di Negeri Haria dalam hal peralatan dan dokumen kapal ikan lainnya.

Usai bertemu dengan Raja Haria, rombongan Kapolda menyambangi Rumah Tua Pahlawan Nasional dari daerah Maluku Thomas Matulessy atau lebih dikenal dengan sebutan Kapitan Pattimura yang bertempat di Negeri Haria.

Setelah itu, kunjungan dilanjutkan dengan mengunjungi Pos BKO Satgas Pam Rawan Yonif 731/Banau Koki III Porto-Haria dan Kapolda memberikan imbauan bagi anggota BKO dalam pelayanan kepada masyarakat setempat.

 

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020