Sejumlah warga Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) memanfaatkan hari libur dengan mengunjungi berbagai objek wisata andalan, meskipun ada larangan dari pemerintah untuk tidak berkerumun guna memutus rantai penyebaran COVID-19.

"Kami ingin menikmati objek wisata yang masih melayani pengunjung, terutama di kawasan Danau Tolire maupun Pantai Jikomalamo," kata seorang warga Ternate, Muhammad Giebran, kepada Antara, Senin.

Pantauan Antara, warga Kota Ternate pada Sabtu dan Minggu kemarin cukup banyak yang datang ke berbagai objek wisata.setempat.
 
Bahkan, pengelola Pantai Jikomalamo sampai harus membatasi kendaraan yang masuk ke areal wisata itu, karena tidak lagi tersedia tempat parkir, menyusul banyaknya warga yang datang.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Ternate, Rizal Marsaoly ketika dihubungi menyatakan, pembukaan kawasan wisata di daerah ini harus berdasarkan kesepakatan rapat tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19.

Menurut dia, pihaknya telah menggelar rapat bersama Wali Kota Ternate dan ada protap yang harus dilalui, antara lain pengelola lokasi wisata diwajibkan mengikuti protokol kesehatan yang mengacu pada standar protap Kemenkes dan Perwali terkait penanganan COVID-19.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020