Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) bersama Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) INPEX Masela Ltd memberikan bantuan kepada korban bencana banjir di Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) , Provinsi Maluku.

Bantuan ditujukan untuk korban banjir di Desa Lorwembun dan Desa Alusi Batjasi, KKT melalui program “SKK Migas-Inpex Peduli”.

Bantuan diserahkan secara simbolis kepada Penjabat Sekda KKT, Ruben Benharvioto Moriolkosu oleh perwakilan SKK Migas wilayah Papua Maluku (Pamalu) Agustinus Slarmanat, dan Specialist External Relation Inpex Masela Ltd. Ambrosius (Aaron) Kelitadan, disaksikan oleh Sekretaris Dinas Perumahan dan Pemukiman KKT, Agus Retob di ruang rapat kantor bupati.

Para korban banjir dari dua desa di kecamatan Kormomolin itu diberikan ratusan sak semen, ratusan lembar seng alumunium serta puluhan meter kubik kayu untuk memperbaiki sejumlah fasilitas umum yang rusak akibat banjir.

Bantuan itu kemudian disalurkan langsung oleh Pemerintah KKT pada Sabtu ini.

“Bantuan ini merupakan bentuk rasa simpati kami kepada korban banjir di Tanimbar. Dalam hal ini, kami berkolaborasi dan bersinergi dengan SKK Migas dan Pemerintah KKT, .” kata Moch Nunung Kurniawan, Acting Corporate Communication Manager INPEX Masela Ltd saat dihubungi melalui telepon genggamnya.

Kepala SKK Migas Pamalu, menyatakan bantuan itu merupakan bagian dari program bersama SKK Migas dan Inpex Masela Ltd, dimana setiap tahun ada dana cadangan untuk membantu korban bencana alam.

"Pemberian bantuan ini berdasarkan ketersediaan dana dan disesuaikan dengan kebutuhan di lapangan. Staf INPEX dan Staf SKK Migas di lapangan melaporkan berdasarkan komunikasi dengan pemerintah setempat. Jadi kita ingin terlibat dan turut membantu pemerintah daerah dan masyarakat" katanya.
SKK Migas dan INPEX Masela Ltd memberikan bantuan material bangunan bagi warga dua desa yang dilanda banjir di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Maluku (Simon Lolonlun)

Penjabat Sekretaris Daerah Ruben Benharvioto Moriolkosu mengucapkan terima kasih kepada SKK Migas dan INPEX Masela atas bantuan yang diberikan.

“Kami mengapresiasi sekali bantuan yang telah diberikan pihak SKK Migas dan INPEX. Ini merupakan suatu bentuk kepedulian terhadap bencana banjir yang terjadi di wilayah kabupaten Kepulauan Tanimbar, khususnya di desa Lorwembun dan Alusi Batjusi" katanya.

Sebelumnya, perusahaan Migas asal Jepang, INPEX dan SKK Migas Papua Maluku telah bergerak cepat dalam membantu pemerintah daerah di wilayah kerjanya yakni Kabupaten Kepulauan Tanimbar untuk menangani bencana wabah COVID-19.

Pada 15 April 2020, SKK Migas dan INPEX telah menyerahkan puluhan puluhan set Alat Pelindung Diri (APD) komplit seperti baju hazmat, pelindung wajah, kacamata khusus, masker khusus N95, sepatu boot, ribuan pembersih tangan, dan puluhan box masker kepada para tenaga kesehatan di Tanimbar.

Hal tersebut dilakukan agar pemerintah setempat dapat memberikan layanan kesehatan yang sesuai standar selama masa pandemi COVID-19.

Dalam bantuan tersebut, INPEX juga didukung oleh sub kontraktor mereka yang bergerak di bidang Penyedia Jasa Survey, PT. Mahakarya Geo Survey (MGS) untuk berpartisipasi dalam menyediakan Alat Pelindung diri (APD), pembersih tangan, dan masker kepada para tenaga kesehatan di Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Pewarta: Simon Lolonlun

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020