Lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap ( ACT ) Maluku memberikan sedekah modal usaha kepada 45 pedagang kecil dari keluarga pra-sejahtera di kota Ambon.

“Hingga saat ini kami sudah memberikan sedekah modal usaha kepada 45 pedagang kecil di kota ambon secara bertahap. Hari ini kita memberikan kepada delapan orang dengan jumlah sedekah Rp500.000 per orang," kata Ketua ACT Cabang Maluku, Wahab Loilatu di Ambon, Selasa.

Pemberian sedekah modal usaha itu merupakan program Sahabat Usaha Mikro Indonesia (UMI), untuk membantu para pedagang kecil di tengah pandemi COVID-19. Sasaran utama adalah para umi atau ibu yang menjadi tulang punggung keluarga, ketika suami mereka tidak lagi dapat bekerja akibat wabah penyakit itu.

Wahab mengungkapkan, bantuan modal usaha diberikan kepada pedagang kecil dari keluarga pra sejahtera di beberapa lokasi yang berbeda yakni Batu Merah, Air Kuning, Aster dan Rumah Tiga.

Mia, salah satu penerima manfaat yang memiliki usaha kios kecil di Air Kuning, mengungkapkan rasa senang. Ia tidak menyangka mendapatkan sedekah modal usaha dari ACT Maluku.

“Terima Kasih para dermawan ACT yang telah memberikan saya sedekah modal usaha, jujur saya tidak menyangka mendapatkan modal usaha ini, dan saya merasa terbantu, di tengah pandemi jualan saya main sepi, sehingga itu tidak ada modal usaha lagi untuk menambah isi jualan di kios, Alhamdulillah dengan ACT memberikan sedekah modal usaha ini, saya bisa menambah isi kios saya," katanya.

 

Pewarta: Shariva Alaidrus

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020