Wakapolda Maluku Brigjen Pol Jan de Fretes memimpin sidang terbuka penetapan kelulusan tingkat daerah penerimaan taruna Akademi Kepolisian Negara RI dan kelulusan akhir penerimaan calon tamtama Polri tahun anggaran 2020 panitia daerah.

Kegiatan itu, yang digelar di Rupatama Polda Maluku, di Ambon, Kamis, dihadiri Irwasda Maluku, Dir Reskrimum, Dir Samapta, Dir Pamobvit, Ka SPN, Kabid Propam, dan Kabid Dokkes Polda Maluku.

Karo SDM Polda Maluku, Kombes Pol Dwita Kumu Wardana melaporkan calon taruna lolos seleksi sudah harus tiba di Akpol Semarang untuk mengikuti seleksi tingkat pusat, dan calon siswa Tamtama harus sudah tiba di Pusdik Brimob dan Pusdik Polair.

"Untuk calon taruna Akpol tersisa empat orang yang akan mengikuti seleksi tingkat pusat di Semarang (Jateng) pada tanggal 3 Agustus 2020, sedangkan calon siswa Tamtama Brimob tersisa enam orang, dan salon siswa Tamtama Polair tujuh orang," kata Dwita Kumu Wardana.

Wakapolda Maluku Brgjen Pol Jan de Fretes mengatakan, dalam penerimaan sudah ada komitmen untuk mencegah dan tidak melakukan korupsi, kolusi, nepotisme dalam proses seleksi penerimaan anggota Polri.

Kegiatan seleksi penerimaan anggota Polri telah dilalui sesuai dengan ketentuan dari panitia pusat.

"Keberhasilan bersama dalam pelaksanaan seleksi penerimaan anggota Polri tahun ini akan berdampak pada terwujudnya aparat kepolisian yang dapat mengemban tugas-tugas Polri selaku pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat," tandasnya.

Beberapa hal penting untuk dipedomani dan dilaksanakan oleh peserta seleksi diantaranya dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

"Kepada calon Taruna Akpol yang dinyatakan lulus terpilih tingkat daerah agar tetap menjaga kondisi fisik dan kesehatan untuk menghadapi tahapan seleksi tingkat pusat," kata Wakapolda.

Untuk Casis Tamtama Polri agar tetap menjaga kondisi fisik dan siapkan mental dalam mengikuti pendidikan serta pembentukan Tamtama Polri, dan tingkatkan disiplin serta menghindari berbagai pelanggaran dalam mengikuti pendidikan.

"Jadilah anggota Polri yang bertanggung jawab dan peduli terhadap setiap tugas yang diemban, serta selalu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam pelaksanaan tugas sebagai pelindung, pengayom, pelayan masyarakat yang mahir, terpuji dan patuh hukum," ujarnya.

Selamat dan sukses dalam meraih cita-cita, dan bagi yang lulus namun belum terpilih agar tetap semangat untuk belajar dan berlatih guna mempersiapkan diri pada kesempatan seleksi tahun depan.

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020