Para anggota Polwan di jajaran Polda Maluku melakukan aksi sosial berupa pembagian paket bahan kebutuhan pokok dan memberikan santunan kepada anak yatim piatu serta orang tua jompo di Kota Ambon.

"Bhakti sosial ini kami lakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap warga yang perekonomiannya menjadi terguncang akibat pandemi COVID-19," kata perwiraKoordinator Polwan Polda Maluku,  AKBP Ester Nirahua di Ambon, Selasa.

Kegiatan yang dipimpin perwira koordinator Polwan serta ketua panitia hari Polisi Wanita 2020, Kompol Sulastri Sukidjan Risakotta ini juga dilakukan dalam rangka menyambut HUT Polwan ke-72  pada 1 September 2020.

Yang menjadi sasaran pelaksanaan bhakti sosial Polwan adalah Panti Asuhan Yayasan Pelita Kasih yang berlokasi di sekitar daerah Pohon Mangga, Pantai Desa Rumah Tiga, serta Panti Jompo - Yayasan Ina Kaka di Desa Passo.

Selain itu, para pemulung dan penyapu jalan berjenis kelamin perempuan yang berada dalam wilayah Kota Ambon dan sekitarnya. 

Menurut Ester, pemilihan Panti Asuhan Yayasan Pelita Kasih karena di sini menangani anak-anak penyandang disabilitas. Apalagi,  Simon Pattipeilohy selaku pimpinan yayasan juga adalah seorang penyandang disabilitas.

"Semenjak didirikan pada 2013 sampai saat ini yayasan tersebut tidak pernah tersentuh oleh bantuan pemerintah atau bantuan-bantuan dari para pemangku kepentingan lainnya," ujarnya.

Hal inilah yang mendorong Polwan Polda Maluku untuk menyalurkan bantuan berupa bahan kebutuhan pokok berupa beras, gula pasir, daun teh, mie instant, serta makanan ringan lainnya.

"Bingkisan yang diberikan tidak seberapa namun besar harapan kami kiranya dapat bermanfaat untuk membantu penghuni panti yayasan Pelita Kasih serta dapat menggugah para pihak yang berkepentingan untuk peduli terhadap anak-anak penyandang disabilitas tersebut sehingga mereka tidak merasa terpinggirkan," kata Ester.

Sementara Simon Pattipeilohy mengucapkan banyak terima kasih kepada Polwan Polda Maluku atas bantuan dan kepeduliannya.

Dia juga mendoakan semoga Polwan Polda Maluku semakin eksis dan menunjukkan jati dirinya dalam melaksanakan tugas maupun  tanggungjawab melindungi dan melayani masyarakat sebagai wanita-wanita yang dipilih oleh Tuhan.

Sementara Kompol Sulastri di depan para wanita lansia di Panti Jompo Yayasan Ina Kaka mengatakan bingkisan yang diberikan jangan dilihat dari bentuk dan jumlahnya namun ini merupakan suatu wujud kepedulian dari anak terhadap ibunya.

Dia juga berpesan agar para ibu lansia tetap semangat dalam menjalani hidupnya di panti jompo dengan tetap menjaga pola hidup sehat dan berpedoman pada aturan-aturan pemerintah menyangkut protokol kesehatan.

Misalnya haruslah rajin mencuci tangan, menjaga jarak, serta mempergunakan masker pada saat beraktifitas sehingga dapat terhindar dari wabah virus corona.

Apalagi para lansia termasuk dalam golongan orang-orang yang rentan terhadap penyebaran virus corona tersebut.


 

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020