DPW Partai Nasional Demokrat (NasDem) Maluku Utara (Malut) meminta bakal calon (balon) yang akan bertarung di pemilihan kepala daerah (pilkada) delapan kabupaten/kota untuk mendapatkan tambahan dukungan partai politik (parpol) lain guna memenuhi persyaratan maju di pilkada 2020, dijadwalkan akhir tahun ini.

Ketua Nasdem Malut, Achmad Hattari di Ternate, Jumat, mengatakan, pihaknya telah memberikan batas waktu kepada bakal pasangan calon maju di pilkada untuk mendapatkan tambahan dukungan partai politik.

Untuk pasangan balon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Ternate, Tauhid Soleman – Nursyiah Abdul Haris (Tausyiah), misalnya, diberikan kesempatan mendapatkan tambahan tiga kursi dari partai lain agar bisa memenuhi persyaratan 20 persen dari KPUD.

Batas waktu ini sudah diingatkan kepada dua bakal calon tersebut pada tanggal 17 Maret dan diperpanjang kembali selama dua minggu sampai pada tanggal 1 Agustus 2020. Selanjutnya kedua bakal calon itu diberi waktu tambahan lagi hingga 17 Agustus 2020 dengan syarat harus memenuhi kursi tambahan.

Dia mengakui, Nasdem mengharapkan bakal calon bisa menambah 3 kursi lagi dari partai lain dan rekomendasi partai NasDem sampai dengan hari ini tetap ke Tauhid Soleman sebagai calon Wali Kota Ternate.

Hattari mengatakan, rekomendasi kepada pasangan Tausyah sudah diberikan tanggal 17 Maret 2020, namun sudah hampir lima bulan mereka belum juga mendapatkan tambahan kursi.

"Jadi kalau dihitung mulai dari 17 Maret 2020 sampai 17 Agustus 2020 ini berarti sudah hampir lima bulan, tambahan kursi juga masih samar-samar, namun tetap diberikan ke Tauhid Soleman," ujarnya.

Olehnya itu, dengan batas waktu yang di tentukan oleh partai, apabila Tauhid Soleman tidak dapat tambahan kursi atau kandas, maka rekomendasi akan ditarik atau menurunkan rekomendasi baru yang tentu juga kepada kader Partai NasDem.

"Partai akan mengambil sikap untuk mengusung kader terbaik yang memiliki kapasitas dan kapabilitas yang tentu juga profesional, tetapi kita masih menunggu sampai selesai, kita juga terus komunikasi dengan PPP untuk tambahan kursi," katanya.
 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020