Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon membentuk posko bersama ditingkat desa dan kelurahan guna pencegahan penyebaran COVID-19 di daerah ini.

Memasuki masa pemberlakuan PSBB Tahap III, Pemkot Ambon telah menyiapkan beberapa langkah,di mana salah satunya membentuk posko bersama di tingkat kelurahan dan Desa, kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) COVID-19 Pemkot Ambon, Joy Adriaansz, di Ambon, Senin.

Posko tersebut diwadahi Lurah atau Kades, Kepala Puskesmas setempat bersama jajaran tenaga kesehatan, para Babinsa dan Babhinkamtibmas.

"Mereka nantinya menjadi motor penggerak bagi masyarakat untuk wajib menerapkan program menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan (4M) serta bagaimana pentingnya menjaga Pola Hidup Bersih dan Sehat(PHBS)," katanya.

Selain itu, Pemkot Ambon melalui GTPP COVID-19 melakukan penguatan kapasitas bagi seluruh perangkat di Desa dan Kelurahan.

Langkah berikutnya melakukan pelatihan dan peningkatan kapasitas kepada Gugus tugas di tingkat desa/kelurahan.

Begitu pula, memberlakukan buku saku tangguh bencana di desa dan kelurahan yang akan diterapkan serta melakukan sinergi maupun koordinasi antara Gugus Tugas yang ada di Desa atau  Kelurahan dengan GTPP Pemkot Ambon. 

Joy mengemukakan, langkah ini dilakukan untuk mengetahui tanggung jawab masing-masing Gugus Tugas, baik ditingkat Desa/Kelurahan maupun di tingkat Kota.

"Hal penting yang perlu terus dilakukan adalah meningkatkan sosialisasi bagi masyarakat terkait pentingnya menerapkan 4M dan PHBS, " ujarnya.

Selain itu juga akan melaksanakan bhakti sosial yang difokuskan pada area fasilitas umum diantaranya pasar-pasar tradisional maupun pasar-pasar yang ada di kecamatan diprakarsai TNI dan Polri didukung Pemkot Ambon.

Pihaknya juga mengimbau masyarakat untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan lewat pemberlakuan 4M dalam beraktivitas untuk mencegah serta menekan penularan COVID-19.

"Masyarakat tidak perlu kuatir dan takut dalam beraktivitas, selama dalam aktivitas tetap menerapkan protokol kesehatan lewat protap 4M dengan mengedepankan PHBS," tandas Joy.
 

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020