Badan Pusat Statistik (SP)  Provinsi Maluku meminta Kapolda setempat, Irjen Pol Baharudin Djafar mendorong seluruh anggota Polri di daerah ini bersama masyarakat untuk mendukung pelaksanaan Sensus Penduduk (SP) 2020.

"Kami meminta testimoni Kapolda agar bisa menggerakan anggota polisi dan masyarakat mendukung SP 2020/ Kami juga akan menyurat ke daerah-daerah, meminta bantuan Polres jajaran," kata Kepala BPS Maluku, Asep Riyadi di Ambon, Jumat.

Penjelasan Riyadi disampaikan saat melakukan silaturahim ke Kapolda Maluku Irjen Pol Baharudin Djafar.

"Anggota Polri juga menjadi sasaran SP 2020 sehingga petugas lapangan dari BPS akan melakukan pendataan secara langsung," ujarnya.

Dia mengemukakan, BPS melaksanakan kegiatan SP sepuluh tahunan yakni dalam bentuk pendataan secara online yang sudah terealisasi serta pendataan penduduk secara langsung.

Kapolda Maluku Irjen Pol Baharudin Djafar mengakui, SP penting karena semua kegiatan ini membutuhkan data yang valid, dan dengan cara ini  baik untuk bisa mengumpulkan data secara akurat.

"Dalam kegiatan ini kita saling mendukung agar kerja sama terlaksana baik," katanya.

Bahkan, Kapolda  meminta Karo Ops Polda Maluku untuk segera mungkin membuat surat telegram ke seluruh Polres dan Polresta jajaran terkait kegiatan SP 2020..

"Untuk di daerah, kami sampaikan kepada Karo Ops untuk membuat TR terkait kegiatan ini. Surat dari BPS agar disampaikan kepada kami agar bisa menjadi dasar pembuatan TR Kapolda," ujarnya.
 

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020