Harga cabai merah biasa yang ditawarkan para pedagang di lokasi pasar tradisional Kota Ambon pada 15 September 2020 turun dibandingkan dengan dua hari sebelumnya.

Hasil pemantauan di lokasi pasar Batu Merah, pasar Mardika, dan pasar Lama, Selasa, terlihat para pedagang menawarkan harga cabai merah biasa Rp40.000/Kg, atau turun dari sebelumnya Rp55.000/Kg.

Sedangkan, cabai keriting panjang turun dari Rp40.000 menjadi Rp35.000/Kg, sedangkan eceran rata-rata Rp5.000/tumpuk kecil.

"Harga cabai merah ada turun sedikit abang. Hanya, kami menawarkan harga cabai yang masih dengan tangkai Rp40.000/Kg, dan yang sudah dibersihkan dari tangkai dan kelihatan segar-segar itu Rp45.000/Kg," ujar pedagang di pasar Mardika, Junaida.

Ia mengakui stok cabai masih tersedia cukup banyak, pemasokan dari Namlea, pulau Buru maupun Seram untuk memenuhi permintaan pasar di Kota Ambon juga lancar.

Sedangkan harga bawang merah maupun putih hingga kini masih tetap norma. Harga bawang merah Rp36.000/Kg, dan bawang putih Rp26.000/Kg, eceran rata-rata Rp5.000/kantung plastik kecil.

Pembeli yang ditemui di pasar, Cory mengatakan belum ada perubahan harga bawang, mudah-mudahan masih  bertahan, apalagi, stok cukup banyak dan terlihat di mana-mana.

"Kalau terjadi perubahan harga itu hanya karena ada pedagang yang sudah membersihkan bawang dari kulitnya saja dan siap untuk dimasak, ," katanya.

Jadi kalau bawang merah yang belum dibersihkan kulitnya dijual Rp36.000/Kg dan sudah dibersihkan Rp40.000/Kg.

Pedagang bawang yang hari-hari berjualan di pintu keluar terminal Mardika, Ratna mengakui perbedaan harga yang terjadi itu hanya yang belum dibersihkan dan yang sudah dibersihkan.

Pewarta: John Soplanit

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020