PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) VIII Maluku-Papua melalui FT Wayame meluncurkan koperasi jasa mitra usaha duskar.

Pertamina MOR VIII Maluku-Papua melalui FT Wayame bekerja sama dengan Dompet Dhuafa memberikan pendampingan dukungan materiil maupun non materiil dalam pembentukan koperasi tani dengan meluncurkan koperasi jasa mitra usaha duskar di kampung Karanjang, desa Wayame, Kota Ambon, Rabu..

Jr. Spv. Hse Pertamina FT Wayame, Muhamad Jauhari menyatakan, tujuan dibentuknya koperasi jasa mitra usaha Duskar untuk merespon kondisi dan kebutuhan petani di dusun Karanjang.

Pandemi COVID-19 berdampak pada lesunya perekonomian, termasuk pekerja informal di sektor pertanian dan perkebunan. 

Dusun Karanjang katanya, memiliki potensi perkebunan yang sangat melimpah sekaligus menjadi sumber mata pencaharian masyarakat, dimana 90 persen masyarakat yang berprofesi sebagai petani. 

Dampak dari pandemi COVID-19 menyebabkan aktivitas masyarakat terganggu dan menurunnya permintaan hasil perkebunan di pasar tradisional.

"Perubahan iklim yang tidak menentu dan kurangnya wadah yang menaungi kelompok petani dalam peningkatan produktivitas dan pemasaran hasil pertanian menjadi permasalahan utama yang dihadapi petani," katanya.

Wakil Walikota Ambon, Syarif Hadler menyampaikan dampak pandemi COVID-19 di Kota Ambon, mulai dari angka penularan covid-19 sebanyak 1.973 kasus, yang terdiri dari 1.132 sembuh, 813 dirawat dan meninggal dunia 28 orang.

Tak hanya bidang kesehatan yang terdampak, tetapi juga bidang ekonomi. Dirinya menyoroti sepinya pasar mardika yang merupakan pasar rakyat di Kota Ambon. 

Pembentukan koperasi mitra usaha Duskar ini, dapat menjadi semangat untuk peningkatan perekonomian daerah tujuh dusun perbukitan di kecamatan Teluk Ambon atau biasa disebut bukit barisan.

"Pemkot Ambon bekerjasama dengan berbagai pihak akan membantu perekonomian masyarakat. Komitmen dan semangat Pertamina yang merupakan embrio pembentukan koperasi ini harus dilanjutkan dan dimaksimalkan pemanfaatannya oleh masyarakat." Ujarnya.

Unit Manager Communication, Relations dan CSR Marketing Operation Region VIII, Edi Mangun menanbahkan, dengan dibentuknya koperasi ini dapat membantu petani dalam menangani masalah pertanian secara kolektif dan partisipatif memajukan pertanian desa. 

Koperasi ini diharapkan mampu menjadi wadah pengembangan kapasitas bagi anggotanya demi peningkatkan hasil produksi dan dapat bermanfaat bagi kepentingan bersama dan berharap koperasi jasa mitra usaha Duskar dapat berjalan dengan baik dan terus memaksimalkan potensi yang ada agar mampu berkontribusi dalam peningkatan kesejahteraan perekonomian di Kecamatan Teluk Ambon.
 

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020