PT Pertamina MOR VIII Maluku Papua melalui Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Pattimura mendampingi pengembangan rumah pintar paparisa Toisapu di negeri Laha kota Ambon.

Pjs DPPU Pattimura, Markani, di Ambon, Rabu, mengatakan, pada 2020 dilaksanakan program tanggung jawab sosial ( Coorporate Social Responsibility CSR) dalam rangka pengembangan kapasitas pengurus rumah pintar Toisapu Laha 

"Program CSR pada 2020 kita melakukan pendampingan kepada pengurus paparisa pintar Toisapu agar manfaat rumah pintar dapat dimanfaatkan bagi masyarakat sekitar," katanya. 

Ia mengatakan, rumah pintar Toisapu sebelumnya dibangun oleh pemerintah negeri Laha pada 2017, tetapi pemanfaatannya belum optimal, sehingga dilakukan pendampingan program rumah pintar.

Pada 2020 program CSR selain di negeri Laha juga di negeri Hatu yakni rumah pintar Hatusoma yang juga disinergikan dengan bank sampah.

"Selain itu kita juga mendukung PAUD Sadar lingkungan di Laha, di mana pada 2019 juga melaksanakan program pemberdayaan ekonomi masyarakat Mamalele, " katanya.

Markani menjelaskan, pihaknya fokus pada sektor pendidikan yang didasari pada pemahaman bersama bahwa pendidikan merupakan kebutuhan dasar dan indikator penting pembangunan berkelanjutan (SGDs).

Sementara itu perwakilan Raja negeri Laha, Rusdy Mewal mengemukakan,  program CSR Pertamina merupakan upaya meningkatkan dunia pendidikan terutama kualitas SDM melalui pendidikam non formal.

"Kami berterima kasih atas dukungan Pertamina DPPU Pattimura yang telah mendukung rumah pintar Toisapu Laha, mengingat pendidikan di masa pandemi COVID-19  mengakibatkan anak-anak harus belajar dari rumah dengan memanfaatkan perpustakaan, " ujarnya.
 

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020