Komandan Satuan Brimob Polda Maluku, Kombes Pol Muhammad Guntur mengatakan, ratusan personelnya melakukan donor darah massal sebagai salah satu kegiatan bhakti sosial dalam memperingati hari ulang tahun Korps Brimob ke-75 pada  2020.

"Kali ini ada 150 personel Satuan Brimob Polda Maluku dan Bhayangkari Cabang Satbrimobda Maluku melakukan aksi donor darah yang berlangsung di tribun Mako Satbrimob Polda Maluku," katanya,  di Ambon, Senin.

Menurut dia, sejak pandemi COVID-19 melanda wilayah ini, kebutuhan darah untuk pasien meningkat , sedangkan jumlah pendonor cenderung berkurang karena kebijakan menjaga jarak. 

Karena itu, Palang Merah Indonesia (PMI)  di Provinsi Maluku cukup mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan darah.

"Jiwa raga kami untuk kemanusiaan dan kebetulan stok darah saat ini di PMI minim, sedangkan, di rumah sakit banyak pasien yang membutuhkan darah,” ujar Dansat. .

Selain itu, aksi donor darah tersebut juga dilakukan dalam rangka HUT Brimob ke-75 dan wujud bhakti Brimob untuk masyarakat serta melibatkan instansi TNI sebanyak 50 personel.

Selain anggota Satuan Brimob, Polda Maluku beserta jajarannya juga melaksanakan kegiatan serupa dan diharapkan aksi ini bisa membawa manfaat besar bagi yang membutuhkan.

Sebelum diambil darah dari para anggota Brimob, tim kesehatan lapangan Satuan Brimob Polda Maluku juga melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap mereka.

Dengan adanya kegiatan donor darah ini diharapkan pihak PMI bisa memiliki stok darah untuk kepentingan kemanusiaan di Provinsi Maluku, khususnya di Kota Ambon.
 

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020