Kecelakaan lalu lintas (laka lantas)  di ruas Jalan Wolter Mongensidi, Kelurahan Lateri Ambon, menewaskan pengendara sepeda motor yang  bertabrakan  dengan mobil tangki roda enam pembawa BBM milik Polda Maluku. .

"Korban meninggal dunia diketahui bernama Barry Harny Pattikawa (43) yang berdomisili di Kelurahan Kudamati, Kecamatan Nusaniwe," kata Kasubag Humas Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease, Iptu Izak Leatemia di Ambon, Selasa.

Kecelakaan maut sekitar pukul 11:30 WIT itu terjadi di depan SMA Negeri 5 Lateri Ambon.

Aparat Satuan lalu lintas Polresta Ambon yang turun ke lokasi kejadian mengamankan barang bukti berupa mobil tangki roda enam yang merupakan kendaraan dinas operasional Biro Logistik Polda Maluku nomor Polisi 703-XVI dan sepeda motor korban nomor polisi DE 3968 NJ.

Pengemudi mobil diketahui bernama Robin D. Makatipu (61) yang merupakan pensiunan ASN pada Biro Logistik Polda Maluku dan berdomisili di kawasan Lateri, sedangkan korban meninggal dunia diketahui berprofesi sebagai wiraswasta.

"Saksi Kres Simatau yang berada di TKP menjelaskan, saat itu kedua kendaraan bergerak dari arah bersamaan yakni Desa Passo hendak menuju Kota Ambon dengan posisi mobil tanki berada di depan dan sepeda motor korban berada di belakang," ujar Izak  mengutip keterangan saksi.

Setibanya di lokasi kejadian, pengendara motor hendak melambung mobil tanki tersebut. Namun,  saat masih berada di samping kanan mobil tersebut, pengendara motor terkejut dengan sebuah mobil yang datang dari arah berlawanan.

Korban mencoba menghindari mobil tersebut agak ke arah kiri namun jarak yang cukup dekat dengan mobil tanki hingga terjadi serempetan, yakni sepeda motor mengenai tanki penampung BBM bagian kanan serta spak boar ban kanan belakang mobil.

Akibatnya pengendara terjatuh tepat di bawah ban kanan belakang dan kemudian bagian kepala terlindas, sedangkan sepeda motor jatuh terseret di tengah jalan raya.

Tabrakan tersebut menyebabkan pengendara motor langsung meninggal dunia di TKP, meski pun sempat dilarikan ke Rumah Sakit Bhayangkara Tantui untuk mendapatkan tindakan medis.

Beberapa pekan lalu juga terjadi peristiwa serupa di kawasan Jalan Suli Atas, Kecamatan Salahutu, Pulau Ambon Kabupaten Maluku Tengah yang menyebabkan dua pelajar meninggal dunia di TKP dan satu rekan mereka menjalani perawatan medis di RSU dr. Ishak Umarella Tulehu.
 

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020