Bendahara DPD PDI Perjuangan Maluku, Lucky Wattimury menyatakan optimismenya terhadap setiap pasangan calon kepala daerah yang diusung koalisi PDI Perjuangan bersama partai politik (Parpol) lain di empat kabupaten diyakini menang pada Pilkada pada 9 Desember 2020 .

"Saya mempunyai keyakinan yang sangat tinggi setelah mendengar semua penjelasan dari lapangan ketika kita ada di sana, kalau calon yang diusung PDI Perjuangan bersama parpol yang lain dipastikan memenangkan pilkada ini," katanya, di Ambon, Rabu.

Sejumlah kriteria yang mendasari optimisme ini seperti survei yang dilakukan oleh lembaga-lembaga survei, baik yang sudah diinformasikan melalui media kepada publik atau pun komunikasi yang dilakukan oleh DPD dengan pihak-pihak terkait.

Menurut dia, dari hasil survei menunjukan adanya kemungkinan untuk empat pasangan calon kepala daerah yang diusung PDIP memenangkan Pilkada 2020.

Optimisme ini disampaikan saat Ketua DPD PDI Perjuangan Maluku Murad Ismail yang juga Gubernur Maluku ini melakukan kunjungan ke Kabupaten Seram Bagian Timur, Buru Selatan, Kepulauan Aru, serta Kabupaten Maluku Barat Daya.

"Sebagai pimpinan partai kami telah melihat secara langsung dan berkomunikasi dengan tim pemenangan dari calon yang diusung, dan berkordinasi dengan masing-masing pasangan calon, termasuk DPC PDI Perjuangan," ujar Lucky. 

Selain itu,  dilakukan juga percakapan secara informal dengan tokoh-tokoh adat, tokoh-tokoh masyarakat, pemuda, dan tokoh perempuan, untuk mencari tahu bagaimana kekuatan calon yang diusung oleh PDI Perjuangan bersama dengan parpol yang lain. 

Ketika berada di lapangan, terlihat bagaimana pergerakan dan kerja dari masing-masing pasangan calon, dan disadari betul bahwa calon yang diusung bisa memenangi Pilkada serentak 2020.

Gerakan mereka untuk melakukan kegiatan-kegiatan ke bawah ini sangat terukur dan sistematis dengan didukung relawan yang cukup, apalagi parta-partai yang berkoalisi dalam mendukung pasangan calon bekerja secara efektif.

"Karena kami sadar betul kemenangan Pilkada serentak 2020 merupakan jalan menuju suksesi Pemilu 2024. Jadi Pilkada 2020 merupakan ujian bagi PDI Perjuangan pada 2024," tandas Lucky.
 

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020