Polda Maluku Utara (Malut) melalui Unit Jibom dan Gegana Sat Brimob melakukan sterilisasi di tiga gereja yang ada di wilayah Kota Ternate dalam rangka mengantisipasi aksi teror jelang perayaan Natal tahun 2020.

Kabidhumas Polda Malut, AKBP Adip Rodjikan di Ternate, Jumat, menyatakan untuk tujuh Gereja yang belum dilakukan sterilisasi akan dilakukan sesuai Jadwal yang sudah ditentukan, yaitu pada hari ini.

"Selain dalam rangka mengantisipasi aksi teror, kegiatan ini juga untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang akan melaksanakan ibadah Natal tahun 2020," kata Kabidhumas.

Untuk diketahui bahwa dalam perayaan Natal tahun 2020 ini, terdapat 10 Gereja yang akan melaksanakan Ibadah Natal dan dari 10 Gereja tersebut, tiga gereja yaitu GPMI Ternate, GMIH Eben Haezer Ternate, dan G.ST, Wilbrodus Kristen Katolik memulai ibadah lebih awal yaitu pukul 19.00 Wit tadi malam, sehingga dilakukan sterilisasi terhadap tiga tempat ibadah tersebut.

"Dalam sterilisasi ini Polda Malut menerjunkan 10 personelnya yang dipimpin oleh Ketua Unit Jibom Polda Malut Iptu Munawar yang melakukan sterilisasi dengan menggunakan alat deteksi logam, deteksi radio aktif dan deteksi handak," ujarnya.

Selain itu, Polda Malut juga melakukan patroli skala besar ini diharapkan dapat menciptakan rasa aman bagi umat Kristiani yang merayakan kebaktian malam Misa Natal, dengan mengedepankan protokol kesehatan COVID-19.

Menurut dia, kegiatan patroli ini bertujuan menciptakan rasa aman, memutus mata rantai penyebaran COVID-19 dan mewujudkan Kamtibmas yang aman dan kondusif di malam kebaktian malam misa Natal dan pelaksanaan ibadah Natal hari ini.

Sementara itu, sejak pagi, nampak terlihat umat Kristiani di Kota Ternate telah memenuhi berbagai gereja yang tersebar di daerah ini.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020