Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon menerima dua penghargaan dalam ajang "digital awards" 2020 dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. 

Penghargaan yang diraih kota Ambon yakni top digital implementation 2020 on city government level bintang empat dan top leader on digital implementation.

Penghargaan digital award diserahkan Kepala Dinas Kominfo dan persandian Joy Reiner Adriaansz kepada Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy dan Wakil Wali Kota Syarif Hadler, Rabu.

Wali Kota Richard Louhenapessy mengatakan, penghargaan yang diraih kota Ambon, karena dinilai berhasil mengimplementasi serta memanfaatkan informasi teknologi (IT) untuk meningkatkan kinerja serta memberikan layanan kepada masyarakat.

Era digitalisasi saat ini, katanya teknologi merupakan kunci, jika bisa memanfaatkan IT maka dapat mengikuti perkembangan jaman.

"Perkembangan teknologi yang sementara di desain negara maju saat ini, tidak lagi membutuhkan kantor yang besar dan orang yang banyak, tetapi cukup dengan laptop dan kreatifitas teknologi saja, " katanya.

Mewujudkan hal tersebut kata Richard, peningkatan kualitas sumber daya manusia menjadi prioritas.

"Terimakasih Diskominfo dan jajarannya yang telah bekerja keras sehingga kita mendapatkan penghargaan ini, walaupun kita masih memiliki kekurangan yang harus dibenahi, " katanya.

Ia menjelaskan, ide-ide besar yang telah direalisasi seperti "smart public service" serta aplikasi Ambon acces harus terus dibenahi agar dapat dimanfaatkan masyarakat kota Ambon.

"Saya berharap tahun 2021 aplikasi ambonacces sudah bisa berfungsi secara maksimal, serta pelayanan publik juga harus dilakukan secara online guna menghindari tatap muka yang bisa berdampak timbulnya calo atau tindak korupsi," ujarnya.

Ditambahkannya, penghargaan yang diterima Pemkot Ambon merupakan apresiasi kepada seluruh ASN untuk terus kerja ikhlas tanpa mengharapkan imbalan atau pujian.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020