Aparat Kepolisian Daerah (Polda) Maluku melakukan pengamanan dan pengawalan terhadap 15.120 vial Vaccine COVID-19 Sinovac yang tiba di Bandara Internasional Pattimura Ambon pada 4 Januari 2021.

"Kami bersama Direktur Lalu Lintas Polda Maluku, Kombes Pol Rahmat Hakim ditugaskan untuk mengamankan ribuan botol vaksin COVID-19 yang baru saja tiba di Bandara Pattimura," kata Karo Ops Polda Maluku, Kombes Pol Antonius Wantri di Ambon, Sen‌in.

Menurut dia, vaksin virus pandemi itu tiba dengan maskapai penerbangan Batik Air ID 6170, pukul 07.00 WIT. Terdapat 8 koli berisi 15.120 vial dengan berat 292 kilo gram.

Tim pengamanan melakukan penjemputan langsung dari terminal kargo Bandara Pattimura Ambon.

Selanjutnya dilakukan pengawalan menuju gudang penyimpanan pada Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Maluku dan dilakukan proses penyerahan barang kesehatan milik negara tersebut kepada Kadis Dinkes provinsi setempat, dr. Meikyal Pontoh.

"Pengawalan tersebut dilakukan hanyalah untuk mengamankan proses perjalanan vaksin COVID-19 sampai tiba di tempat tujuan," ujar Antonius. 

Dia menambahkan, proses penjemputan dan pengawalan vaksin COVID-19 Sinovac ini berlangsung aman dan lancar hingga selesai setelah tertampung di gudang milik Dinkes provinsi Maluku.
 

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021