Ikatan Keluarga Alumni SMA Negeri Satu (IKA Smansa) angkatan 90 Kota Ternate, Maluku Utara (Malut), menyalurkan ratusan paket sembako kepada korban di pengungsian terdampak banjir di Kabupaten Halmahera Barat dan Halmahera Utara.

Kordinator IKA Smansa angkatan 90 Kota Ternate, Halil Umar, di Ternate, Kamis, mengatakan bantuan sebanyak 250 paket sembako ini akan didistribusikan Kabupaten Halmahera Utara sebanyak 150 paket dan Halmahera Barat 100 paket.

"Ratusan paket sembako tersebut, yang terdiri dari beras 5 Kg, gula 1 Kg, mie instan 10 bungkus serta daun teh dan minyak goreng,"Ujarnya.

Ia menyatakan,  langkah ini sebagai bentuk kepedulian IKA Smansa angkatan 90 Kota Ternate, kepada basudara (saudara) yang terdampak bencana banjir dan kita doakan bersama, agar bencana banjir tidak lagi kembali melanda di Malut.

Dengan adanya bantuan disalurkan, kata Halil, diharapkan dapat membantu meringankan beban mereka atas musibah bencana banjir.

Sebelumnya, bencana banjir yang melanda di Kabupaten Halmahera Barat dan Halmahera Utara sejak Sabtu (16/01) mengakibatkan ribuan warga di 11 desa dari empat kecamatan di Kabupaten Halmahera Utara harus mengungsi ke tempat yang aman, karena rumah terendam banjir setinggi 1 meter bahkan satu unit jembatan akses penghubung di Galela Barat ke Galela Utara dan Loloda putus.

Bahkan, akibat bencana banjir itu, mendapat perhatian dari pemerintah pusat melalui Menteri Sosial Tri Rismaharini yang mengunjungi korban pengungsi di posko pengungsian di Kabupaten Halmahera Utara pada Selasa (19/01) serta  memberikan bantuan sembako dan uang tunai senilai Rp1,8 Miliar kepada pemerintah daerah sebagai dana penanggulangan bencana. 

 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021