Wakil Presiden GMNC, Capt H. Ali Ibrahim meminta ke Kedubes Spanyol agar mendatangkan kapal Latih Sebastian Delcano untuk berlabuh di Pelabuhan Tidore dalam momentum Sail Tidore  2021.

"Saya tegaskan tidak mau berlabuh di Ternate, karena rute kapal Latih Sebastian Delcano tetap berlabuh di Tidore, sebab mengingatkan kita akan sejarah perjalanan yang sesungguhnya. kunjungan ini, kepada Kedutaan Besar Spanyol dapat membangun satu Monumen di Kota Tidore Kepulauan untuk mengenang 500 Tahun pelayaran mengelingi dunia yang dilakukan oleh Magellan -Elcano, yang sempat singgah di Tidore dan menjadi tonggak sejarah pengetahuan bahwa bumi itu bulat," katanya di Ternate, Rabu.

Ali yang juga Wali Kota Tidore Kepulauan (Tikep) menegaskan, setelah berkunjung di Kota Ternate, kini duta Besar Kerajaan Spanyol Jose Maria Matres Manso bersama rombongan tiba  di Kota Tidore Kepulauan. 

Dalam kunjungan duta Duta Besar Kerajaan Spanyol Jose Maria Matres Manso ke Kota Tidore Kepulauan itu, disambut Wali Kota Tidore Kepulauan Capt Ali Ibrahim yang bertempat di Aula Sultan Nuku Kantor Walikota, pada  Selasa (16/2) kemarin.

Dia mengemukakan, kunjungan  Duta Besar Kerajaan Spanyol Jose Maria Matres Manso bersama rombongan ini, dalam rangka mempererat hubungan kerja sama antara Spanyol dan Indonesia khusus Tidore. 

Ali  berharap agar kapal latih Sebastian Delcano yang datang pada Maret 2021 nanti, harus singgah dan berlabuh di Pelabuhan Trikora Tidore. 

Dia memandang perlu adanya kerja sama yang   dapat dilanjutkan dan meminta ditampilkan tarian atau pun teater khas Spanyol yang menceritakan perjalanan Magelhaens dan Delcano pada  acara seremoni kedatangan Kapal Latih Sebastian Delcano. 

"Untuk kedatangan kapal itu, direncanakan pada Maret 2021 yang akan di tampilkan di dua lokasi, yakni Kedaton Kesultanan Tidore  dan Pantai Tugulufa agar  bisa disaksikan oleh masyarakat Tidore," ujarnya.

Sementara itu, Duta Besar Kerajaan Spanyol Jose Maria Matres Manso dalam sambutannya mengatakan, fokus  menjalin kerja sama di semua wilayah di Provinsi Maluku Utara.

"Tetapi saya tetap masih fokus di Tidore, serta  mempersiapkan  dan menjalin koordinasi sehubungan dengan kedatangan Kapal Latih Sebastian Delcano," katanya.

Sebagaimana yang diketahui, pelaksanaan  Sail Tidore, salah  jendela yang terbuka untuk sejumlah kesempatan bagi kerjasama Perusahan Spanyol dan Perusahan Indonesia, khususnya Perusahan di Kota Tidore, 

Maka turut hadir dalam kunjungan duta Besar Kerajaan Spanyol Jose Maria Matres Manso, yaitu Atase Pertahanan Mr. Antonio Alvaro, Atase Perdagangan Raul Merchan Fernandes, Pj Sekda Muhammad Miftah Bay, Dandim 1505 Tidore, Kapolres Tidore, Perwakilan dari Kesultanan Tidore, Kepala Dinas Pariwisata Malut serta OPD di Lingkup Kota Tidore Kepulauan.


 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021