Puluhan personel Polda Maluku mengikuti pelatihan untuk menjadi vaksinator guna membantu percepatan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 secara serentak pada gerai vaksinasi presisi milik Polri di seluruh Indonesia.

"Sebanyak 30 peserta dari Polda Maluku mengikuti pelatihan vaksinator ini secara virtual dari ruang rapat utama Polda karena penyelenggaranya adalah Pusat Kedokteran dan Kesehatan Polri," kata Wakapolda Maluku Brigjen Pol Jan de Fretes di Ambon, Selasa.

Menurut dia, dari 30 anggota Polda Maluku yang menjadi peserta vaksinator tersebut, 15 personel di antaranya adalah anggota Brimob dan setengahnya lagi merupakan anggota Sabhara Polda.

Wakapolda Maluku Brigjen Pol Jan de Fretes didampingi Karo Ops dan Kaur Kesamaptaan Bid Dokkes Polda Maluku hadir dalam pelatihan dimaksud.

Sementara dari Mabes Polri dihadiri Asisten Operasi Kapolri, Kapusdokkes Polri dan sejumlah pejabat tinggi lainnya.

As Ops Kapolri, Irjen Pol Sutrisno Yudi Hermawan, dalam arahannya meminta seluruh Wakapolda jajaran agar bisa memberikan saran dan masukan terkait program pelatihan tenaga vaksinator di daerah masing-masing.

"Agar nanti dalam pelaksanaan vaksinasi di lapangan dapat selalu berkoordinasi dengan pihak kesehatan terkait," ujarnya.

Sutrisno juga meminta agar para tenaga medis yang bukan ASN namun tidak terlibat dalam pelaksanaan Satgas COVID-19 dapat digalang dan dipersiapkan untuk sewaktu-waktu dapat membantu tenaga vaksinator anggota Polri.

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021