Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon menggelar vaksinasi gratis untuk 23.000 dosen, mahasiswa dan warga Ambon dalam rangka Dies Natalis ke-60 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), dan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-446 Kota Ambon, Sabtu.

Rektor Unpatti Prof Marthinus Johanes Saptenno di Ambon, Sabtu, mengatakan vaksinasi massal itu untuk mendorong lebih banyak masyarakat berpartisipasi dalam upaya pencegahan peningkatan penularan COVID-19 yang sedang gencar dilaksanakan oleh pemerintah.

Ia menjelaskan, vaksinasi yang digelar di auditorium Unpatti itu bekerja sama dengan Korem 151/Binaiya dan Pemerintah Kota Ambon, serta telah dimulai pada Jumat (27/8) dan dijadwalkan akan berlangsung hingga beberapa hari ke depan.

Vaksinasi itu melibatkan sejumlah dokter dan tenaga medis dari Rumah Sakit TNI Angkatan Darat Tingkat II Prof Dr JA Latumeten dan pada pelaksanaan vaksinasi hari pertama diikuti oleh lebih dari 1.000 orang.

Ia berharap dalam dua hari ini, minimal 3.000an orang sudah terdata mendapatkan vaksin dalam kegiatan vaksinasi massal tersebut.

"Dengan adanya vaksinasi massal ini, semakin banyak yang divaksin dan makin mengurangi penyebaran COVID-19," katanya.

Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Bambang Ismawan bersama sejumlah pejabat TNI Angkatan Darat di lingkup Kodam XVI/Pattimura, sempat meninjau proses pelaksanaan vaksinansi massal di Unpatti pada Jumat kemarin.

Saat itu Pangdam sempat mengimbau para peserta vaksinasi agar tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, rutin cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak dan menghindari kerumunan yang dapat memungkinkan risiko penularan COVID-19.

Baca juga: Fakultas Pertanian Unpatti yudisium 40 mahasiswa, SDM melonjak
Baca juga: Universitas Pattimura Ambon bangun poliklinik Fakultas Kedokteran, tingkatkan pelayanan

Pewarta: Shariva Alaidrus

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021