Kodam XVI/Pattimura, Maluku, menyemarakkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke-76 tahun dengan menggelar aksi donor darah, Kamis.

Kegiatan sosial donor darah yang dilaksanakan di area pusat perbelanjaan Maluku City Mall diikuti oleh prajurit tri matra, yakni TNI AD, TNI AL, TNI AU, dan personil Polri serta para anggota Dharma Pertiwi (organisasi istri-istri TNI).

Guna mencegah penularan COVID-19 dan penyakit lainnya saat donor darah berlangsung, kegiatan bakti sosial tersebut menerapkan protokol kesehatan yang ketat, dan skrining bagi calon pendonor darah.

Pangdam XVI/ Pattimura Mayjen TNI Bambang Ismawan dan sejumlah pejabat tinggi Kodam XVI/Pattimura, Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) IX Ambon dan Pangkalan Angkatan Udara (Lanud) Pattimura turut hadir untuk meninjau proses kegiatan donor darah.

Dalam kesempatan itu, Pangdam Pattimura ikut berpartisipasi mendonorkan darahnya, sebagai bentuk dukungan kepada masyarakat yang membutuhkan darah.

Pelaksanaan bakti sosial Kodam XVI/Pattimura yang juga digelar untuk mendukung ketersediaan stok darah di Kota Ambon tersebut, menarik perhatian warga yang kebetulan berada di sekitar lokasi donor darah.

Tak sedikit warga yang ikut serta berpartisipasi menyumbangkan darah mereka.

Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Bambang Ismawan mengatakan kendati dilaksanakan untuk memeriahkan HUT TNI, ia berharap bakti sosial donor darah bisa menjadi sarana untuk membantu sesama, terutama mereka yang membutuhkan sumbangan darah dalam waktu cepat.

Selain aksi donor darah, Kodam Pattimura juga akan menggelar serbuan vaksinasi COVID-19 di seluruh wilayah Maluku dan Maluku Utara.

Kegiatan vaksinasi COVID-19 dilaksanakan untuk mendukung upaya pemerintah mempercepat tercapainya kekebalan komunal.

"Kegiatan serbuan vaksinasi dilakukan sebagai upaya memenuhi target nasional vaksinasi COVID-19 di Provinsi Maluku dan Maluku Utara," kata Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Bambang Ismawan.

Pewarta: Shariva Alaidrus

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021