PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) VIII Maluku-Papua mengoptimalkan program desa tangguh bencana di wilayah operasi Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Pattimura Ambon.

Program desa tangguh bencana merupakan salah satu bentuk Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) perusahaan kepada masyarakat di sekitar wilayah operasional perusahaan, yakni negeri Laha,  kecamatan Teluk Ambon Baguala  kata Operation Head DPPU Pattimura, Tengku Nazwar Kusyamsyah, di Ambon, Jumat.

Pihaknya berupaya melaksanakan komitmen dan menerapkan TJSL di wilayah operasi DPPU Pattimura, melalui kegiatan desa tangguh bencana.

Program tersebut, saat ini masuk tahun ke dua, di mana  2020 pihaknya fokus pada penanganan pandemi COVID-19.

Pada 2021 fokus pada bencana, dengan mendukung pelaksanaan simulasi evakuasi mandiri yang dilakukan warga dusun Air Manis, Negeri Laha,  kota Ambon.

Peserta yang mengikuti simulasi dikoordinir oleh binaan DPPU Pattimura, sebagai upaya melatih masyarakat agar selamat ketika terjadi bencana.

Negeri Laha, menurut  Tengku, merupakan lokasi rawan bencana gempa bumi dan tsunami, sehingga pihaknya mendukung program desa tangguh bencana.

Program CSR Pertamina dalam bidang tanggap bencana untuk wilayah ring-1 perusahaan yang memiliki kerentanan risiko bencana 

Program desa tangguh bencana merupakan satu dari empat pilar TSJL Pertamina, yakni pertamina hijau yang fokus kepada program lingkungan.

Selain itu tiga pilar lainnya antara lain pertamina cerdas untuk program kegiatan pendidikan, pertamina sehat untuk program kesehatan dan Pertamina Berdikari yang fokus kepada pemberdayaan masyarakat dan UMKM.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021