Sejumlah pulau terluar di Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) mendapatkan koneksi akses internet dan telah disediakan Tafraka di Kecamatan Pulau Hiri, Kota Ternate dijadikan kawasan jaringan internet.
zapresiasi penghargaan dan ucapan terima kasih kepada pihak Telkom yang ikut mendukung program pemerintah Tauhid-Jasri, dalam membangun tiga pulau terluar di Kota Ternate.

Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman, di Ternate, Kamis, mengapresiasi kinerja PT. Telkom yang mendukung programnya bersama Wakil Wali Kota, Jasri untuk membangun tiga pulau terluar di Kota Ternate.

Wali Kota Tauhid bersama General Manager (GM) Telkom Wilayah Sulawesi Utara-Maluku Utara, Lonely Baringin, meresmikan koneksi akses indihome di Kecamatan Pulau Hiri.

Sebagaimana salah satu janji kampanye Tauhid-Jasri saat itu, memberikan akses yang sama untuk tiga pulau terluar. Pengoperasian indihome di Kecamatan Pulau Hiri, adalah komitmen Tauhid-Jasri dalam memberikan rasa keadilan terhadap warga di luar pulau Ternate.

Di sisi lain, jika dihitung dari jumlah penduduk Kota Ternate sebanyak 205 ribu jiwa, maka populasi di Pulau Ternate yakni sebanyak 80 persen. Sementara sisanya tersebar di pulau Hiri, Moti dan Batang Dua, sehingga dengan kebutuhan masyarakat Pulau Hiri, maka jaringan viber optik indihome diresmikan.

"Artinya, komitmen saya bersama Wawali Jasri untuk membangun pulau Hiri, Moti dan Batang Dua, jadi tidak perlu diragukan komitmen kami untuk mengejar ketertinggalan dari tiga pulau ini, yang menjadi pendukung utama Kota Ternate," kata Tauhid.

Dia menyatakan, salah satu yang menjadi fokus pembangunan adalah sarana komunikasi dan akses informasi, pada tiga pulau terluar.

"Sehingga, hari ini, masyarakat Hiri sudah dapat menggunakan indihome dengan kualitas  viber optik yang tentu memiliki kelebihan-kelebihan dalam berinternet," ujarnya.

Tauhid juga meminta kepada seluruh warga Pulau Hiri pengguna internet untuk menggunakan layanan internet secara bijak.

"Manfaatkan layanan ini secara bijak, jadikan internet sebagai bahan informasi, edukasi dan hal-hal positif agar dapat meningkatkan pengetahuan," ujarnya.

Tidak hanya itu, dia juga meminta seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama menjaga seluruh fasilitas pendukung indihome di pulau Hiri, agar dapat dimanfaatkan secara optimal.

Sementara itu, GM Telkom wilayah Sulut-Malut, Lonely Baringin mengatakan, peresmian indihome di Kecamatan Pulau Hiri merupakan bentuk dukungan PT. Telkom kepada Wali Kota dan Wakil Wali Kota Ternate dalam membangun tiga pulau terluar, sebagaimana visi misi Ternate Andalan.

Menurutnya, upaya-upaya yang dilakukan pemerintah melalui Wali Kota direspon oleh PT. Telkom dengan manghadirkan layanan akses internet indihome di luar pulau Ternate.

"Senang dan bangga bisa menjasi bagian untuk membangun konektivitas melalui indihome, saya menyampaikan apresiasi untuk Wali Kota, pemerintah Kecamatan Pulau Hiri, terutama masyarakat yang antusias membantu PT. Telkom menggelar jaringan optik di pulau Hiri," kata Lonely.

Menurutnya, kehadiran indihome di Pulau Hiri merupakan impian PT Telkom bagaimana menyukseskan program kerja Wali Kota Ternate.

"Tujuan menghadirkan viber optik indihome di pulau Hiri, adalah aktifitas masyarakat Hiri, tanpa batas, ada peningkatan ekonomi, peningkatan kesehatan, peningkatan kwalitas pendidikan dan lain sebagainya," ujar Lonely.

 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021