Yonif Raider 733/Masariku Kodam XVI/Pattimura mengasah kemampuan anggota pasukan mereka dalam Latihan Pemantapan (Latmantap) Raider, Senin, guna memantapkan kemampuan dan profesionalitas prajurit dalam menjalankan tugas operasi di lapangan.

Proses latihan pemantapan pasukan raider digelar di Markas Komando Yonif Raider 733/Masariku. Sebanyak 280 personel raider ikut serta dalam kegiatan yang dijadwalkan berlangsung selama enam hari dengan beragam materi.

Kepala Staf Daerah Militer (Kasdam) XVI/Pattimura Brigjen TNI Samuel Petrus Hehakaya mengatakan latihan pemantapan bertujuan untuk memelihara kemampuan dan profesionalitas prajurit raider dalam menjalankan tugas-tugas operasi di lapangan.

Materi yang akan dilatih antara lain, latihan serbuan ruangan, patroli taktik pertempuran regu anti gerilya (TPRAG), operasi mobile udara, serangan pembebasan tawanan, infiltrasi dan eksfiltrasi militer, serangan penghancuran, dan latihan keterampilan dan ketangkasan di rawa, laut, sungai dan Pantai (Ralasuntai).

"Latihan pemantapan ini bertujuan untuk memelihara kemampuan serta profesionalitas prajurit, khususnya dalam tugas operasi. Rencananya akan digelar selama enam hari ke depan," ujarnya.

Sebagai satuan pasukan pemukul reaksi cepat Kodam XVI/Pattimura, kata Samuel, Yonif Raider 733/Masariku yang dikomandoi oleh Letkol Inf Kadek Muliarsa memiliki tugas pokok melaksanakan pertempuran di darat dan operasi khusus, berupa serangan pembebasan tawanan dan serangan penghancuran.

Dalam melaksanakan tugasnya, raider menitik beratkan kepada keterampilan perorangan dan gerakan dalam hubungan tim yang dilengkapi dengan peralatan ringan, sehingga mampu bermanuver di berbagai bentuk medan dan cuaca, juga mempunyai daya gerak, daya tembak dan daya gempur yang tinggi.

Ia berharap proses latihan dilaksanakan serealistis mungkin dan terarah sesuai materi, medan dan metode yang telah disiapkan, sehingga sasaran latihan dapat tercapai secara optimal, kemampuan satuan yang dilatih juga dapat terpelihara dengan tingkat kesiapan tempur satuan yang tinggi dan mahir dalam melaksanakan tugas-tugas operasi yang bersifat khusus.

"Saya berharap Latihan Pemantapan Yonif Raider 733/Masariku ini dapat dilaksanakan serealistis mungkin sesuai kondisi yang dihadapi dan terarah sesuai materi, medan dan metode yang telah disiapkan," kata Kasdam. 

Pewarta: Shariva Alaidrus

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021