Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Ambon menggelar kegiatan bakti sosial Menyongsong HUT Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Satpol PP 2022.

Kasat Pol PP kota Ambon, Josias Lopies, di Ambon, Jumat, mengatakan, bakti sosial yang dilaksanakan yakni pembersihan masjid dan gereja sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat.

"Selama ini kita identik dengan pasukan penertiban Pedagang Kaki Lima (PKL) atau mereka yang melanggar Perda. Namun,  kita juga melakukan kegiatan bersih rumah ibadah, terutama Masjid dan Gereja, ” ujarnya. 

Menurut dia, bakti sosial pembersihan rumah ibadah dilakukan untuk menghilangkan citra negatif yang selama ini ada di masyarakat.

"Kita (Satpol PP) dikenal dengan arogan atau pun kekerasan. Jadi, kita menghilangkan citra negatif itu dengan cara bakti sosial ini, " kata Josias.

Selain aksi bersih rumah Ibadah, Satpol PP kota Ambon juga akan melaksanakan donor darah dan serbuan vaksinasi bagi warga yang belum melaksanakan vaksinasi COVID -19.

Untuk vaksinasi dan donor darah dijadwalkan dilaksanakan pada awal Maret 2022 di tribun lapangan Merdeka, dalam rangka momentum HUT Satpol PP ke-72 dan Satuan Tugas Perlindungan Masyarakat ke- 60 pada 3 Maret 2022.

Sedangkan Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Ambon menggelar kegiatan bakti sosial pembersihan trotoar di sepanjang ruas jalan Pattimura, Ambon.

Kegiatan bakti sosial melibatkan seluruh personel Damkar Kota Ambon sebanyak 90 orang didukung masing - masing dua mobil pemadam maupun tangki air adalah untuk membersihkan trotoar yang berada pada ruas jalan protokol tersebut.

"Jalan – jalan protokol ini kita cuci dan bersihkan agar masyarakat pengguna jalan lebih nyaman, sehingga bukan hanya sampah saja yang diperhatikan tetapi bagaimana trotoar juga menjadi bersih bagi pejalan kaki," ujarnya.

Pihaknya berharap kegiatan bakti sosial yang dilaksanakan akan membuat wajah kota semakin bersih dan bermanfaat bagi masyarakat,  terutama para pejalan kaki.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022