Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Kota Ternate, Maluku Utara, menyatakan, ada penambahan pasien yang dinyatakan sembuh dari COVID-19 yakni tujuh orang, sehingga total selama 2022 sebanyak 328 orang dari kasus jumlah terkonfirmasi positif 414 orang.

"Untuk jumlah pasien yang dinyatakan sembuh dari terpapar virus corona di daerah ini, makin terus bertambah. Sebelumnya pada 3 Maret2022 juga terdapat sebanyak 29 orang sembuh,” kata Sekretaris Satgas Penanganan COVID-19 Kota Ternate, Ihsan Hamzah di Ternate, Sabtu.

Ia mengatakan, dua pekan terakhir ini untuk laporan kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Kota Ternate , makin menurun jika dibandingkan akhir Januari 2022. 

"Kami apresiasi dan terima kasih kepada masyarakat di Kota Ternate, karena dengan dukungan mereka yang mengikuti imbauan pemerintah patuh terhadap protokol kesehatan saat beraktivitas di luar rumah serta melakukan vaksinasi," ujar Kepala BPBD Kota Ternate itu.

Ia menjelaskan, saat ini kasus aktif yang terpapar virus corona yang tengah menjalani karantina sebanyak sebanyak 88 orang, lima orang di antaranya menjalani perawatan di RSUD Chasan Boesoerie Ternate, dua orang menjalani karantina di hotel Corner.

"Untuk kontak erat dengan pasien terpapar virus corona, sebanyak 122 orang, yang tengah isolasi mandiri, sehingga dalam pemantauan tim Satgas Ternate," katanya.

Upaya yang dilakukan oleh Satgas Penanganan COVID-19 Kota Ternate, kata dia, terus mengejar target pencapaian vaksinasi 100 persen, yang diberikan oleh pemerintah pusat, sementara untuk dosis pertama di Kota Ternate baru terealisasi mencapai 90 persen.

Ia mengajak kepada masyarakat di Kota Ternate, yang belum divaksin, agar segera mendatangi sentra layanan vaksinasi, guna mendapatkan pelayanan vaksin, karena dengan adanya vaksinasi dapat membentuk kekebalan tubuh, guna terhindari dari paparan virus corona, khususnya varian omicron

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022